PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Survey pada Perusahaan Advertising, Printing, dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Survey pada Perusahaan Advertising, Printing, dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (Survey pada Perusahaan Advertising, Printing, dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
Author: Fahreza, Artha
Abstract: Investor melakukan investasi pada perusahaan yang mempunyai profit yang cukup baik karena menunjukan prospek yang cerah sehingga investor tertarik untuk berinvestasi, yang nantinya akan mempengaruhi harga saham perusahaan. Salah satu cara untuk memprediksi harga saham adalah dengan melakukan analisis fundamental melalui rasio keuangan. Rasio keuangan dapat digunakan oleh investor sebagai alat untuk menganalisis kemampuan perusahaan dalam mencetak laba berdasarkan saham yang dimiliki. Hal ini menunjukkan bahwa rasio keuangan bermanfaat dalam menilai kondisi keuangan perusahaan. Nilai saham perusahaan tercermin dalam kinerja perusahaan, apabila kinerja keuangan perusahaan menunjukkan adanya prospek yang baik maka sahamnya akan diminati oleh investor dan harganya meningkat. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kinerja keuangan perusahaan dengan harga sahamnya. Rasio yang dapat digunakan oleh investor antara lain Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif asosiatif yang merupakan metode untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Objek penelitian yang dilakukan yaitu laporan keuangan pada perusahaan sektor Advertising, Printing, dan Media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 sebanyak 55 laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh sebesar 0,882 atau 88,2% terhadap harga saham pada perusahaan sektor Advertising, Printing, dan Media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Adapun saran yang diajukan penulis bahwa perusahaan harus melakukan pertimbangan dalam melakukan investasi dengan melihat dan menganalisis terlebih dahulu kondisi perusahaan melalui rasio keuangan khususnya Return On Assets (ROA) dan Earnings Per Shares (EPS).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8553
Date: 2017


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 114.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 814.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 168.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 385.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 217.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 238.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 697.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 649.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 641.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 382.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record