PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR-FAKTOR TEKNIKAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR-FAKTOR TEKNIKAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL DAN FAKTOR-FAKTOR TEKNIKAL TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)
Author: Arifannisa, Winna; Nugraha, Arie Apriadi
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor fundamental dan faktorfaktor teknikal terhadap harga saham. Faktor-faktor fundamental dalam penelitian diukur menggunakan rasio Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER). Faktor-faktor teknikal dalam penelitian diukur menggunakan volume perdagangan saham dan indeks harga saham individual. Harga saham dalam penelitian diukur menggunakan harga penutupan pada akhir tahun. Penelitianbmenggunakan data perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015 sebanyak 102 sampel perusahaan yang diambil dengan menggunakan metode nonprobability purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Pengambilan kesimpulan atas hipotesis dilakukan dengan mengamati nilai koefisien determinasi dan regresi, dengan mempertimbangkan hasil uji signifikan yaitu Uji-t dan Uji-F taraf signifikansi 5 persen, melakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastitas, dan uji autokorelasi. Semua perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan software Eviews 9.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individual variabel faktor-faktor fundamental yang dihitung menggunakan indikator NPM, ROE dan ROA berpengaruh secara berturut-turut sebesar 22.6%, 11.2%, dan 30.1% terhadap harga saham. Secara individual variabel faktorfaktor teknikal dengan indikator IHSI berpengaruh sebesar 78.1% terhadap harga saham. Secara simultan variabel faktor-faktor fundamental dan faktor-faktor teknikal berpengaruh sebesar 79.68% terhadap harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8537
Date: 2017-07-20


Files in this item

Files Size Format View
Full Paper Winn ... & Arie Apriadi Nugraha.pdf 1.200Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record