PENGARUH KAPABILITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 12 Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH KAPABILITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 12 Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH KAPABILITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada 12 Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)
Author: Alamsyah, Andi Surya
Abstract: Akuntansi sektor publik telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun waktu yang relatif singkat. Perhatian besar terhadap praktik akuntansi sektor publik dilakukan oleh lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan milik negara, dan berbagai organisasi publik lainya. Pemberlakuan pelaporan secara transparan oleh lembaga sektor publik adalah harapan besar masyarakat. Pemerintah sendiri telah menerapkan PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang pemberlakuan sistem akuntansi akrual yang dimulai sejak tahun 2015 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Namun yang terjadi adalah masih banyak LKPD di Provinsi Jawa Barat yang belum meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian, hal ini diakibatkan oleh faktor kapabilitas sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi akrual yang masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kapabilitas sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi akrual terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan terhadap 12 Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah 63 sampel yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode penelitian bersifat eksplanatori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan meningkatnya kapabilitas sumber daya manusia dan penerapan sistem akuntansi akrual dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8526
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 115.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 523.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 122.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 283.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 83.45Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 79.72Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 73.76Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 74.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 161.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 175.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 410.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 70.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 97.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record