TINJAUAN ATAS PENCATATAN DAN PENGELOLAAN PIUTANG PADA PT. LENKO SURYA PRAKASA CABANG BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN ATAS PENCATATAN DAN PENGELOLAAN PIUTANG PADA PT. LENKO SURYA PRAKASA CABANG BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN ATAS PENCATATAN DAN PENGELOLAAN PIUTANG PADA PT. LENKO SURYA PRAKASA CABANG BANDUNG
Author: Murni, Sri
Abstract: PT. Lenko Surya Prakasa adalah perusahaan dagang yang bergerak di bidang distribusi farmasi dan penjualannya dilakukan secara tunai maupun kredit atau yang disebut dengan piutang. Piutang dilakukan untuk meningkatkan penjualan pada perusahaan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitis, yaitu menggambarkan serta melakukan penelitian berdasarkan fakta saat ini. Prosedur pencatatan piutang yang dilakukan menggunakan metode akrual basis yang dilakukan dimulai dari mengurutkan jumlah piutang berdasarkan nomor faktur kemudian transaksi tersebut dicatat secara manual ke dalam buku penjualan setelah itu diposting ke dalam buku besar, pencatatan piutang dicatat dari dibukanya tanggal penjualan secara kredit. Pada pengelolaan piutang dimulai dari proses pembuatan faktur, pembuatan analisis umur piutang, proses penagihan piutang serta terakhir proses penerimaan piutang. Kebijakan perusahaan dalam menangani piutang tak tertagih perusahaan menggunakan teknik kunjungan personal kepada konsumen, tapi jika piutang tersebut tidak dapat ditagih lagi perusahaan menggunakan metode penghapusan piutang. Berdasarkan hasil penelitian tentang pencatatan dan pengelolaan piutang pada PT. Lenko Surya Prakasa Cabang Bandung dapat ditarik kesimpulan bahwa pencatatan piutang yang dilakukan sudah dijalankan sesuai prosedur perusahaan, hanya saja masih memerlukan sistem pencatatan secara komputerisasi. Pada pengelolaan piutang perusahaan dinilai masih memerlukan prosedur yang harus ditambahkan dalam syarat pemberian kredit kepada konsumen agar tidak terlalu mudah. Kebijakan yang diambil perusahaan jika terjadi piutang tak tertagih juga dianggap kurang maksimal, perusahaan harus melakukan teknik lain juga selain kunjungan personal kepada pelanggan seperti: pengiriman surat sebagai tanda peringatan, telepon langsung kepada konsumen dan tindakan yuridis jika konsumen tetap tidak mau membayar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8518
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.36Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 832.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 261.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 215.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.45Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 321.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 622.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 473.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 175.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record