PERAN INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS, INOVASI PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK YANG UNGGUL MENGANTISIPASI KEHADIRAN MEA MELALUI PENETAPAN HARGA YANG EFEKTIF (Penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Batik Deden dan Batik Nanda Cigeureung Tasikmalaya)

Widyatama Repository

PERAN INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS, INOVASI PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK YANG UNGGUL MENGANTISIPASI KEHADIRAN MEA MELALUI PENETAPAN HARGA YANG EFEKTIF (Penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Batik Deden dan Batik Nanda Cigeureung Tasikmalaya)

Show full item record

Title: PERAN INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS, INOVASI PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK YANG UNGGUL MENGANTISIPASI KEHADIRAN MEA MELALUI PENETAPAN HARGA YANG EFEKTIF (Penelitian terhadap Usaha Mikro Kecil Batik Deden dan Batik Nanda Cigeureung Tasikmalaya)
Author: Febrianti, R.Adjeng Mariana; Novatiani, R. Ait; Lestari, Sri
Abstract: Usaha perbatikan sebagai penopang perekonomian daerah, memiliki peran sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di segala sector usaha cenderung tidak stabil. Menurunnya penjualan melalui penentapan harga selembar batik di Tasikmalaya merupakan salah satu penyebabnya disinyalir penciptaan kreativitas yang cenderung kurang inovatif sesuai dengan perkembangan tren pola batik saat ini. Selain deferensiasi produk yang kurang sesuai lagi dengan desain pola gambar yang memiliki perbedaan keunikan dan kekhasan. Hal ini merupakan ancaman yang serius bagi perajin batik dalam menghadapi kedatangan MEA yang hadir di Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, menggali, dan mengungkapkan data dan informasi yang berhubungan dengan pengembangan kreativitas yang inovatif, berdampak kepada penurunan penjualan melalui penetapan harg dari masing-masing variabel. Sampel yang diteliti hanya terfokus kepada dua perajin batik Deden dan batik Nanda dari sekian banyak perajin batik yang ada di Cigeureung Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran atau deskripsi tentang kreativitas, inovasi produk, difernsiasi produk yang unggul dabn penetapan harga yang efektif. Hasil penelitian terungkap bahwa UMK masih kesulitan dalam mengembangkan kreativitasnya, hal ini disebabkan oleh kurangnya perajin batik yang mencoba inovasi produk dalam hal pola gambar atau disain produk dan diferensiasi yang lebih unggul dari pada batik printing yang dijual dengan harga murah. Ketiga variable tersebut berdampak kepada penetapan harga yang efektif sehingga dikhawartirkan kedua mitra tersebut belum siap menghadapi kedatangan MEA di Indonesia khususnya di Jawa Barat lebih cepat dari yang diperkirakan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8506
Date: 2017-07-20


Files in this item

Files Size Format View
Full Paper R. A ... ovatiani & Sri Lestari.pdf 1.097Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record