MINIMASI WASTE MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA PEMBUATAN PRODUK PLATE FUEL PUMP (STUDI PADA PT SINAR TERANG LOGAM JAYA)

Widyatama Repository

MINIMASI WASTE MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA PEMBUATAN PRODUK PLATE FUEL PUMP (STUDI PADA PT SINAR TERANG LOGAM JAYA)

Show full item record

Title: MINIMASI WASTE MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA PEMBUATAN PRODUK PLATE FUEL PUMP (STUDI PADA PT SINAR TERANG LOGAM JAYA)
Author: Rahmana, Arief; Almira, Nida
Abstract: Permasalahan yang muncul ke permukaan pada proses pembuatan produk Plate Fuel Pump adalah waste berupa waktu tunggu dan proses rework terhadap produk cacat. Waktu tunggu yang terjadi adalah lebih dari 2 jam untuk setiap mesin, sedangkan produk yang memerlukan rework adalah sekitar 0,3% dari total produksi. Standar perusahaan hanya memperbolehkan adanya produk rework sebesar 0,2% dari total produksi untuk setiap bulannya. Tujuan penelitian ini adalah meminimasi waktu menunggu dan proses rework pada proses pembuatan produk Plate Fuel Pump. Metode yang digunakan adalah Value Stream Mapping (VSM) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan VSM waktu menunggu terjadi pada mesin spot welding dan mesin restrike dengan lama waktu tunggu sekitar 14.400 detik, sedangkan jumlah produk rework adalah sebanyak 423 unit. Berdasarkan FMEA dapat diidentifikasi bahwa waktu menunggu disebabkan oleh keahlian operator yang kurang memadai, sedangkan banyaknya produk yang memerlukan rework disebabkan oleh perubahan pada parameter setting dan panas weld yang tidak sesuai. Upaya untuk mengurangi waktu menunggu adalah melalui pelatihan bagi operator, sedangkan proses rework melalui pengawasan terhadap panas weld, penambahan frekuensi pemeriksaan parameter setting dan melakukan pemeriksaan untuk setiap output yang dihasilkan oleh mesin.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8480
Date: 2017-07-20


Files in this item

Files Size Format View
Full Paper Arief Rahmana & Nida Almira.pdf 1.233Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record