ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LANTAI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX DAN FAULT TREE ANALYSIS (Studi Di Pt World Yamatex Spinning Mills Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LANTAI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX DAN FAULT TREE ANALYSIS (Studi Di Pt World Yamatex Spinning Mills Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PENINGKATAN PRODUKTIVITAS LANTAI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX DAN FAULT TREE ANALYSIS (Studi Di Pt World Yamatex Spinning Mills Bandung)
Author: Angginia, Revina
Abstract: PT World Yamatex Spinning Mills (WYSM) Bandung merupakan salah satu pabrik bergerak dalam bidang pemintalan benang di Indonesia. Produktivitas berperan penting dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan, PT WYSM berupaya meningkatkan produktivitas agar seluruh sumber daya dapat dimanfaatkan secara optimal karena pada saat ini perusahaan sedang mengalami permasalahan dalam produktivitas lantai produksi. Peningkatan produktivitas memerlukan adanya strategi yang berkelanjutan, dimana upaya awal adalah mengukur, mengecek, mengevaluasi hasil pengukuran berada pada level terkendali atau tidak. Pembahasan penelitian ini adalah analisis peningkatan produktivitas di lantai produksi PT WYSM menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Proses produksi didukung oleh sumber daya yang kompleks dan saling berhubungan satu sama lainnya, penurunan dan peningkatan performa masing-masing sumber daya menjadi hal yang patut diperhatikan. Indikator perhitungan melingkupi beberapa data yakni produksi, tenaga kerja, jam kerja, mesin, dan pemakaian daya listrik. Data tersebut diolah menjadi beberapa rasio pengukuran yang akan digunakan dalam mengukur seberapa jauh penurunan atau peningkatan produktivitas, sehingga usulan strategi peningkatan dapat optimal. Hasil penelitian yang dilakukan mengenai analisis produktivitas lantai produksi PT WYSM pada periode bulan Maret 2015 sampai dengan bulan Maret 2016 menunjukkan adanya penurunan performa yang diindikasikan oleh beberapa rasio bernilai rendah. Pengelompokan katagori penilaian nilai rasio menggunakan metode Traffic Light System, dimana hasil rasio terendah dalam penggunaan metode ini diberi warna merah atau berada pada level 0 sampai dengan level 2. Rasio rendah tersebut yaitu rasio I, II, III, IV dan V. Pendalaman analisis penurunan produktivitas dilakukan dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk merumuskan basic event atau akar masalah. Salah satu penyebabnya adalah kebersihan luar mesin kurang diperhatikan, sehingga cepat atau lambat akan menghambat kinerja mesin. Peningkatan produktivitas yang dapat dilakukan PT WYSM salah satunya adalah menghimbau operator untuk melakukan upaya kebersihan pada waktu senggang kerja. Pemanfaatan metode OMAX dan FTA ini dilakukan sebagai analisis peningkatan produktivitas bagi PT WYSM dalam memperbaiki produktivitas sumber daya terkait secara berkelanjutan. Sehingga manajemen pabrik dapat mempertimbangkan prioritas sumber daya mana yang harus didahulukan, agar efisiensi dan efektivitas proses produksi dapat optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8448
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 92.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1011.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 287.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 147.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 150.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 263.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 469.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 381.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 905.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 421.1Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 112.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 192.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record