PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN PENERAPAN KONSEP BUNDLING PRODUK (Studi Kasus : Cafe Jadul)

Widyatama Repository

PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN PENERAPAN KONSEP BUNDLING PRODUK (Studi Kasus : Cafe Jadul)

Show full item record

Title: PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN PENERAPAN KONSEP BUNDLING PRODUK (Studi Kasus : Cafe Jadul)
Author: Agrida, Rendgra
Abstract: Konsep Customer Relationship Management memegang peranan yang sangat penting di dalam manajemen Cafe Jadul. Kunci keberhasilan manajemen tidak hanya bergantung kepada kualitas produk saja, tetapi juga bergantung kepada seberapa besar upaya manajemen dalam melayani customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem customer relationship management dengan mengimplementasi konsep bundling produk sehingga manajemen Cafe Jadul dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan membuat customer menjadi loyal.Konsep Bundling produk itu sendiri merupakan gabungan dua produk yang dijual dalam satu paket penjualan dan juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan promosi tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Untuk membuat bundling produk tersebut tentunya diperlukan sebuah sistem yang dapat menghasilkan penggabungan 2 produk secara analisis data berdasarkan transaksi penjualan. Algoritma apriori menjadi salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghasilkan analisis tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka akan dibangun “Pengembangan Customer Relationship Management dengan Penerapan Konsep Bundling Produk Studi Kasus Pada Cafe Jadul”. Aplikasi ini dibangun dengan menerapakan metode scrum, PHP sebagai bahasa pemrograman serta MySQL sebagai pengelolaan basis data. Aplikasi pengembangan CRM ini dapat menciptakan pola pembelian produk berdasarkan kecenderungan produk yang dibeli konsumen yang terdiri dari 2 itemset produk yang dapat digunakan pihak manajemen untuk membuat produk bundling dimana hasil pengembangan aplikasi ini “sangat membantu” dalam mengelola customer berdasarkan hasil pengujian dari pihak manajemen cafe jadul. Dengan mengimplementasi metode scrum, penulis menyelesaikan aplikasi pengembangan CRM dalam kurun waktu 19 hari dengan focus factor 81 %.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8445
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 55.42Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 942.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 63.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.13Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 598.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 182.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.054Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 1.279Mb PDF View/Open
Bab 6.pdf 79.03Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 177.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record