ANALISIS SAFETY PROCEDURE DAN PERANCANGAN SISTEM K3 MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL DAN JOB SAFETY ANALYSIS (Studi Kasus Pada Pt. Kuala Pelabuhan Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS SAFETY PROCEDURE DAN PERANCANGAN SISTEM K3 MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL DAN JOB SAFETY ANALYSIS (Studi Kasus Pada Pt. Kuala Pelabuhan Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS SAFETY PROCEDURE DAN PERANCANGAN SISTEM K3 MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL DAN JOB SAFETY ANALYSIS (Studi Kasus Pada Pt. Kuala Pelabuhan Indonesia)
Author: Naibaho, Elisabeth
Abstract: PT.KPI merupakaan perusahaan penyedia jasa, memiliki 9 departemen dengan riwayat kecelakaan kerja pada alat berat dengan total 549 kecelakaan selama 5 tahun. PT.KPI menggunakan standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3 FRESH). Namun kecelakaan masih terjadi, untuk perusahaan berstandar internasional. Berdasarkan perhitungan statistik incident record terdapat 4 departemen dengan total kecelakaan cukup tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat semi kumulatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi langsung dan melakukan menganalisis data masalalu incident record. Data dianalisis berdasarkan teori input-proses-output, menggunakan dua metode yaitu Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC), dengan hasil dari metode ini yaitu identifikasi lingkungan dan jenis kegiatan (manusia) yang dilakukan pada saat bekerja dengan menghasilkan kategori kecelakaan Low, Medium, High, dan Ektrem di lingkungan kerja low land dan high land. Metode kedua Job Safety Analysis (JSA), dengan hasil akhir menyatakan bahwa kecelakaan kerja lebih tinggi terjadi pada saat shift malam dan juga dipengaruhi oleh kerja lembur untuk memenuhi target man-hours. Man-hours mempengaruhi banyaknya cidera dan waktu hilang, sehingga menyatakan kinerja tim safety menurun pada tahun 2013 dan 2015. Maka diperlukan rekomendasi perbaikan khususnya untuk karyawan shift malam, dengan menggunakan rotasi jam kerja dan menjalankan rekomendasi perbaikan dari metode JSA maka dapat mengurangi dan menghindari resiko kecelakaan kerja yang selama ini terjadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8408
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 91.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 118.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 135.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 228.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 226.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 126.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 76.93Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.53Kb PDF View/Open
Daftar Singkatan.pdf 27.02Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.93Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 782.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 253.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.058Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 322.0Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 59.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 143.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record