ANALISA DAN PERANCANGAN DATA MINING DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PT. BLOODS INDUSTRIES Studi Kasus : PT. Bloods Industries

Widyatama Repository

ANALISA DAN PERANCANGAN DATA MINING DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PT. BLOODS INDUSTRIES Studi Kasus : PT. Bloods Industries

Show full item record

Title: ANALISA DAN PERANCANGAN DATA MINING DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN PT. BLOODS INDUSTRIES Studi Kasus : PT. Bloods Industries
Author: Januar, Angga
Abstract: Perkembangan teknologi komputasi dan media penyimpanan telah memungkinkan manusia untuk mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber dengan jumlah yang besar. Fenomena tersebut dapat terjadi dalam berbagai bidang kehidupan termasuk dunia bisnis. Salah satu sumber informasi yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan penjualan perusahaan adalah system database. Cara lain untuk mendapatkan informasi berharga dari data transaksi adalah dengan menggunakan analisis dan perancangan data mining dengan metode market basket analysis. Saat ini database yang dimiliki oleh PT. Bloods Industries belum dimanfaatkan secara optimal. Kondisi ini mengakibatkan banyak data yang tersimpan tertapi sedikit informasi yang bisa digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang strategis. PT. Bloods Industries memerlukan tambahan data bagi perusahaan untuk melakukan pembuatan keputusan strategi yang mampu meningkatkan profit perusahaan. Hal tersebut yang melatar belakangi penulis untuk membuat system data mining yang berfungsi untuk mensimulasikan assosiasi item product antara satu produk dengan item produk lainnya. Data yang di pakai sebagai bahan pengolahan berasal dari data transaksi PT. Bloods Industries. System data mining ini dikembangkan memakai metode pengembangan waterfall dengan pemodelan visual menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Pada akhirnya, sistem ini digunakan untuk memberikan simulasi mengenai aturan assosiasi item untuk mengetahui pola belanja konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8399
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 136.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 601.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 105.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 250.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 342.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 112.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 179.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 349.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 951.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 490.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 592.7Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 264.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record