PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung)
Author: Putriani, Regina Diety
Abstract: Semakin besar suatu perusahaan, maka semakin besar pula kesempatan untuk melakukan penyelewengan sehingga mengakibatkan terjadinya inefisiensi, kebocoran, dan ketidaktaatan terhadap prosedur yang telah ditetapkan perusahaan. Sehingga untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan dan memberikan penilaian terhadap internalnya operasi perusahaan dilakukan audit internal yang merupakan salah satu unsur dari efektivitas pengendalian intern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah audit internal berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern pengelolaan gaji. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Pengujian data melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian korelasi antara audit internal dengan pengendalian internal pengelolaan gaji dapat dikatakan sangat kuat. Berdasarkan koefisien determinasi bahwa variable independen mampu menerangkan perubahan pada efektivitas pengendalian internal pengelolaan gaji sebesar 77,1%, artinya bahwa audit internal membentuk efektivitas pengendalian internal pengelolaan gaji sebesar 77,1%. Sisanya dibentuk oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti sebesar 22,9% yaitu merupakan pengaruh faktor lain diluar variabel Audit Internal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka audit internal berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern pengelolaan gaji.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8309
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.22Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 175.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.17Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.26Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.10Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 125.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 83.13Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 198.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.34Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.64Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record