PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei pada 11 Dinas Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei pada 11 Dinas Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survei pada 11 Dinas Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya)
Author: Indrani, Pritha Pavita
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian internal pemerintah dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tasikmalaya, serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian internal pemerintah sebagai variabel independen.Sedangkankualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebagaivariabel dependen.Berdasarkan pada Peraturan No 71 Tahun 2010, kualitas laporan pemerintah pusat dan daerah harus memenuhi karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal. dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitianeksplanatori.Populasi dalam penelitian ini adalah Dinas yang termasuk kedalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tasikmalaya yang berjumlah 11 Dinas. Teknik penentuansampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitutekniksampel jenuh, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 Dinas yang termasuk kedalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tasikmalaya. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhanapada taraf signifikan sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver.21.00. Berdasarkan hasil penelitian penerapan sistem pengendalian internal pemerintah dankualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tasikmalaya termasuk ke dalam kategori baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan besarnya pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah dalam memberikan kontribuasi pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 46,6%
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8307
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 946.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.68Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.79Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.12Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 127.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 185.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.33Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record