ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi kasus pada UMKM pabrik keripik singkong Sari Asih)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi kasus pada UMKM pabrik keripik singkong Sari Asih)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL (Studi kasus pada UMKM pabrik keripik singkong Sari Asih)
Author: Nurfalah, Premiyadi
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih lemahnya UKM di Indonesia dalam banyak hal, termasuk lebih berpusat pada produksi berteknologi rendah, kelemahan lainnya yang dimiliki UKM adalah penghitungan akuntansi yang masih tradisional terutama dalam menghitung harga pokok produksi. Metode penelitin yang digunakan adalah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan dua variabel (sistem tradisional dengan sistem Activity Based Costing. Sugiyono (2009: 29) mengatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti. Menurut Sugiyono (2002) penelitian komparatif adalah suatu penelitian yang bersifat membandingkan. Sari Asih menggunakan metode full costing dalam menghitung harga pokok produksi, Maka peneliti menetapkan tempat tersebut sebagai tempat penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan April 2016 sampai selesai. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan antara rata-rata HPP sistem tradisional lebih tinggi dibanding sistem ABC, berarti HPP dengan sistem ABC memberikan harga pokok yang lebih rendah dibandingkan dengan HPP full costing walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8306
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.91Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1012.Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 141.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 85.44Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 85.03Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 159.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 218.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 102.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 214.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 53.63Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 86.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record