ANALISIS PERENCANAAN PAJAK MELALUI REVALUASI AKTIVA TETAP DAN PERHITUNGAN BESARNYA PAJAK TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN (Studi Empiris Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Garuda Indonesia, dan PT Perusahaan Listrik Negara)

Widyatama Repository

ANALISIS PERENCANAAN PAJAK MELALUI REVALUASI AKTIVA TETAP DAN PERHITUNGAN BESARNYA PAJAK TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN (Studi Empiris Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Garuda Indonesia, dan PT Perusahaan Listrik Negara)

Show full item record

Title: ANALISIS PERENCANAAN PAJAK MELALUI REVALUASI AKTIVA TETAP DAN PERHITUNGAN BESARNYA PAJAK TERHUTANG WAJIB PAJAK BADAN (Studi Empiris Pada PT Bank Negara Indonesia, PT Garuda Indonesia, dan PT Perusahaan Listrik Negara)
Author: Sintia, Sandra
Abstract: Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar bagi suatu Negara, yang akan digunakan untuk membiayai program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah demi kesejahteraan rakyatnya. Di lain pihak, bagi dunia usaha, pajak merupakan sumber pengeluaran tanpa diperoleh imbalan secara langsung. Dengan demikian, dalam hal membayar pajak, biasanya perusahaan berupaya agar pengeluaran menjadi sekecil mungkin melalui perencanaan pajak. Tujuannya adalah mengefisienkan jumlah pajak terhutang melalui penghindaran pajak (tax avoidance) tanpa harus melanggar undang-undang perpajakan, salah satu cara penerapan perencanaan pajak yang relevan untuk dilakukan dunia usaha saat ini adalah melalui kebijakan akuntansi revaluasi aktiva tetap yang mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 191/PMK.010/2015 tanggal 10 Oktober 2015 Tentang Penilaian Kembali Aktiva Tetap Perusahaan Untuk Tujuan Perpajakan Bagi Permohonan yang Diajukan Pada Tahun 2015 dan 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan perencanaan pajak melalui revaluasi aktiva tetap pada perusahaan-perusahaan yang diteliti dan mengetahui besarnya perencanaan pajak melalui revaluasi aktiva tetap. Penelitian ini dilakukan terhadap Badan Usaha Milik Negara yang melakukan revaluasi aktiva tetap pada tahun 2015 dengan jumlah sampel 3 (tiga) Badan Usaha Milik Negara yang diambil secara purposive sampling. Metode penelitian bersifat kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa revaluasi aktiva tetap bukan hanya berfungsi sebagai salah satu perencanaan pajak untuk menghemat besarnya pajak yang harus dibayar, melainkan untuk membantu manajemen memperbaiki kondisi keuangan perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8292
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.67Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 893.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 208.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 228.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 118.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.89Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 257.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 332.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 195.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 521.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 110.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record