PENGARUH RETURN ON EQUITY, EARNING PER SHARE, DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2014)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON EQUITY, EARNING PER SHARE, DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2014)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON EQUITY, EARNING PER SHARE, DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 – 2014)
Author: Safitri, Ria
Abstract: Investor menginvestasikan dananya ke dalam suatu saham, memiliki harapan untuk memperoleh imbal hasil/keuntungan (return saham) atas investasi yang dilakukannya. Untuk melakukan pengamatan dan analisis secara aktif tetang penilaian saham, cara yang dapat dilakukan yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Indikator analisis fundamental yang digunakan yaitu return on equity, dan earning per share, sedangkan indikator analisis teknikal yang digunakan yaitu volume perdagangan saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan bagaimana pengaruh return on equity, earning per share. dan volume perdagangan saham berpengaruh terhadap return saham. Return on equity merupakan rasio yang menunjukan seberapa mampu perusahaan menggunakan modal yang ada untuk menghasilkan laba atau keuntungan. Earning per share merupakan rasio yang menggambarkan jumlah rupiah yang diperoleh untuk setiap lembar saham dan mengukur keberhasilan manajer dalam mencapai keuntungan bagi para pemegang saham. Volume perdagangan saham merupakan instrument yang digunakan untuk melihat reaksi pasar modal terhadap informasi melalui parameter volume saham yang diperdagangkan dibursa efek. Return saham merupakan imbal hasil/keuntungan yang didapatkan oleh investor atas investasi yang dilakukan berupa capital gain/loss dan yield. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2014 dengan total 36 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 30 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda pada taraf tingkat signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 7. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan menunjukan bahwa return on equity, earning per share dan volume perdagangan saham berpengaruh terhadap return saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8291
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 265.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 966.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 201.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 292.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 296.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 201.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 332.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 673.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 720.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 709.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 310.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record