PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survey pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survey pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Survey pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)
Author: Diana, Liza Tiara
Abstract: Partisipasi Anggaran dinilai dapat meningkatkan kinerja pegawai. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kasus pada Pemerintahan Kota Bandung. Dalam kasus tersebut menjelaskan bahwa pada tahun 2014 Ombudsman menyatakan terdapat 18 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung masuk zona merah dalam bidang pelayanan publik, sehingga tidak sesuai dengan kepatuhan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah (studi survey pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Bandung). Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan pendekatan survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer, dengan cara menyebarkan kuesioner kemudian menggunakan skala Likert. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan model analisis regresi linier sederhana. Hasil pengolahan diketahui bahwa variabel independen (Partisipasi Anggaran) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Kinerja Aparatur Pemerintah) dan nilai standardized coefficients Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah dengan sebesar 0,852 serta besarnya kontribusi Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah yaitu sebesar 72,59%. Saran untuk Pemerintah Kota Bandung, diharapkan Pimpinan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat meningkatkan komunikasi yang intens agar dapat memperbaiki partisipasi setiap pegawai sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai, melakukan evaluasi, dan mengadakan jadwal rutin untuk forum diskusi antar pegawai setiap tahunnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8285
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.31Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.485Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 532.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 286.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 150.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 148.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 205.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 318.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 505.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 479.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 125.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 178.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record