PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Yunindra, Aditya Rindhana Putra
Abstract: Studi ini meneliti pengaruh Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan Good Governance terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Mekanisme Sistem Pengendalian Internal Pemerintah diukur melalui lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan dan Good Governance diukur melalui transparansi, partisipasi, akuntabilitas dan value for money. Sedangkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dalam penelitian ini diukur melalui relevansi, andal, dapat diperbandingkan dan dapat dipahami. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang a) pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan, b) pengaruh good governance terhadap kualitas laporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan utuk mencapai tujuan penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif dan metode verifikatif. Sedangkan alat uji statistik yang digunakan untuk penelitian ini adalah analisis asumsi klasik, regresi, dan koefesien determinasi. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji F untuk menguji pengaruh secara simultan dan Uji T untuk menguji pengaruh secara parsial dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil uji statistik yang telah dilakukan, variabel-variabel independen: sistem pengendalian internal pemerintah dan good governance berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah baik secara parsial maupun simultan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8274
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 72.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 726.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 235.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 126.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 290.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 230.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 495.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 520.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 188.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record