PROTOTYPE SISTEM KONTROL PENYIRAMAN TANAMAN SEMI OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBAPAN TANAH DENGAN APLIKASI SMARTPHONE ANDROID (IMPLEMENTASI SMARTHOME)

Widyatama Repository

PROTOTYPE SISTEM KONTROL PENYIRAMAN TANAMAN SEMI OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBAPAN TANAH DENGAN APLIKASI SMARTPHONE ANDROID (IMPLEMENTASI SMARTHOME)

Show full item record

Title: PROTOTYPE SISTEM KONTROL PENYIRAMAN TANAMAN SEMI OTOMATIS BERDASARKAN KELEMBAPAN TANAH DENGAN APLIKASI SMARTPHONE ANDROID (IMPLEMENTASI SMARTHOME)
Author: Hakim, Rafi Faisal
Abstract: Tanaman merupakan makhluk hidup yang sangat membutuhkan air untuk proses pertumbuhannya. Pada kenyataannya pemilik tanaman di rumah, tak selalu memiliki waktu untuk merawat tanaman tersebut dengan menyiraminya setiap hari. Selain itu kondisi tanah pada tanaman yang baik adalah tidak kering dan tidak kelebihan air. Kondisi kelembapan tanah yang tepat adalah faktor penting untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang optimal. Selain itu untuk dapat merawat dan mengontrol tanaman itu sendiri dibutuhkan controller dan smartphone Android sebagai remote device, untuk memenuhi pengontrollan penyiraman tanaman dari dalam maupun luar rumah. Pada penelitian Tugas Akhir ini akan mengangkat pembangunan prototype sistem kontrol penyiraman tanaman otomatis berbasis internet, menggunakan mikrokontroller Arduino Mega 2560, dan sensor kelembapan tanah. Sedangkan untuk sisi antarmukanya akan diintegrasikan dengan Smartphone Android, dengan menggunakan Arduino Wifi Shield yang terhubung melalui akses point sebagai alat komunikasi kedua hardware melalui internet. Kelebihan dalam aplikasi ini adalah memiliki tiga fungsi yaitu pengontrollan penyiraman secara manual, berdasarkan sensor kelembapan tanah, dan berdasarkan pengaturan penjadwalan penyiraman. Ketiga fungsi tersebut dapat dipilih sesuai kondisi yang diinginkan oleh pemilik tanaman di rumah. Aplikasi ini ditujukan untuk dapat melakukan penyiraman tanaman yang di implementasikan pada Smarthome, serta dapat memberikan informasi dan mengontrol penyiraman tanaman secara semi otomatis menggunakan perangkat mobile. Selain itu aplikasi ini dapat mempermudah pemilik maupun perawat tanaman di rumah untuk mengontrol pertumbuhan tanaman-tanaman yang dipeliharanya agar tumbuh secara optimal. Saran kedepannya diharapkan aplikasi ini lebih ditingkatkan lagi keamanannya, serta dapat diimplementasikan dengan alternatif perangkat lain yang lebih murah, namun tetap memiliki fungsi yang sama. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menekan biaya, serta dapat dikomersilkan dengan sentuhan desain alat yang terlihat lebih menarik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8266
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 57.22Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 151.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 120.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 93.21Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 84.69Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 90.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 154.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 605.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 776.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 524.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 2.152Mb PDF View/Open
Bab 6.pdf 89.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record