PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULER NOKIA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA

Widyatama Repository

PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULER NOKIA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA

Show full item record

Title: PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN TELEPON SELULER NOKIA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIDYATAMA
Author: Pertiwi, R.Nadia Dewi
Abstract: Skripsi ini disusun oleh R. Nadia Dewi Pertiwi (02 09 M031), Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, dibawah bimbingan Bapak Taufik Rachim S.E., M.Si. dengan judul “Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Telepon Seluler Nokia di Kalangan Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung”. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap diferensiasi produk Nokia dan untuk mengetahui bagaimana proses keputusan konsumen untuk membeli produk Nokia dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diferensiasi produk tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode survey dan metode deskriptif. Untuk mengukur dan menganalisa pengaruh antara kedua variabel, penulis menyebarkan kuesioner pada 100 orang responden. Dari hasil tanggapan responden tersebut dilakukan analisis dengan metode statistik dengan kolerasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi r, dan statistik uji t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen terhadap diferensiasi produk Nokia adalah baik, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap diferensiasi produk Nokia adalah sebesar 3,84. Dan dari hasil penelitian bahwa keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk Nokia adalah baik, yaitu ditunjukan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 3,65. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Nokia, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data-data yang dieroleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,461. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 21,25%, yang menunjukan besarnya pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan sisanya 78,75% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai dilihat t hitung ≥ t tabel (0,795 ≥ 1,663) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara diferensiasi produk dengan keputusan pembelian konsumen, maka hipotesis yang diajukan penulis yaitu : “terdapat pengaruh diferensiasi produk terhadap proses keputusan pembelian pada produk merek Nokia” dapat diterima. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar Nokia menciptakan produk-poduk yang memiliki teknologi yang lebih canggih agar mampu bersaing dengan produk lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8250
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.36Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 54.55Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.08Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.04Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.88Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 67.33Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 106.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 131.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 175.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 69.61Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.90Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record