PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEPARTEMEN MEKANIK HUG MOTOR BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEPARTEMEN MEKANIK HUG MOTOR BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEPARTEMEN MEKANIK HUG MOTOR BANDUNG
Author: Rosa, Merry Pramita
Abstract: Meningkatnya pendapatan masyarakat ini berlanjut pada meningkatnya daya beli masyarakat dan standar kehidupan masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan kendaraan khususnya kendaraan roda empat yang dulu hanya sekedar untuk keperluan transportasi telah bergeser menjadi kendaraan yang lebih menjurus pada hal-hal yang bersifat prestise atau gengsi pemakai. Dengan persaingan yang semakin ketat, maka para pelaku industri otomotif harus lebih cermat lagi dalam mengamati perkembangan pasar. Salah satunya memberikan kualitas jasa yang baik, maka konsumen merasa puas akan kebutuhannya terpenuhi, sehingga akan memberikan dampak yang besar bagi perusahaan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Departemen Mekanik HUG Motor Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas jasa dan kepuasan konsumen serta untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen Departemen Mekanik HUG Motor Bandung. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Sampel yang diambil adalah sebanyak 80 responden, yang merupakan konsumen yang pernah menggunakan jasa Departemen Mekanik HUG Motor Bandung. Pengujian koefisien korelasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen Departemen Mekanik HUG Motor Bandung. Rumus yang digunakan oleh penulis adalah korelasi Rank Spearman. Dari perhitungan, diperoleh koefisien korelasi 𝑟𝑠= 0.582, hal ini menunjukan bahwa hubungan kualitas jasa ( variabel X ) dan kepuasan konsumen ( variabel Y ) di Departemen Mekanik HUG Motor Bandung sangat kuat. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 33.88%. Hal ini berarti pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen sebesar 33.88% sedangkan sisanya 66.12% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji statistic diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (6.320) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1.665), Dari skripsi yang dibuat, penulis dapat menyimpulkan bahwa kualitas jasa pelayanan berpengaruh dengan kepuasan konsumen Departemen Mekanik HUG Motor sehingga hipotesis yang penulis ajukan yaitu ”Kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan” dapat diterima”. Dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8245
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.05Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 196.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 372.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 395.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 510.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.082Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 357.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record