PENERAPAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) REKOMENDASI PROPERTY RUMAH (Studi Kasus Property Rumah di Kota Bandung dan Sekitarnya)

Widyatama Repository

PENERAPAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) REKOMENDASI PROPERTY RUMAH (Studi Kasus Property Rumah di Kota Bandung dan Sekitarnya)

Show full item record

Title: PENERAPAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION) UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) REKOMENDASI PROPERTY RUMAH (Studi Kasus Property Rumah di Kota Bandung dan Sekitarnya)
Author: Dewi, Karismawaty Sintia
Abstract: Pemilihan perumahan di Kota Bandung dan sekitarnya diperlukan oleh masyarakat, dikarenakan perumahan merupakan kebutuhan dasar dan penting bagi masyarakat, banyak para pengembang perumahan saat ini gencar melakukan pembangunan di lokasi berkembang atau lokasi strategis. Sehubungan dengan itu, banyak sekali calon pembeli yang membutuhkan informasi perumahan yang diinginkan dan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing calon pembeli. Untuk membantu masyarakat menentukan perumahan maka dibangun Sistem Pendukung Keputusan dalam memilih dan menentukan perumahan yang terbaik sesuai dengan kriteria masing-masing. Sistem terkomputerisasi ini dirancang menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution) dengan metode yang mudah dipahami dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan dalam bentuk matematis yang sederhana. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution). TOPSIS melakukan perangkingan terhadap alternatif perumahan yang terpilih. Alternatif terpilih terbaik yang tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, tapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Solusi ideal positif diartikan dengan solusi yang memaksimalkan atribut keuntungan dan meminimalkan atribut biaya pemilihan rumah, sedangkan solusi ideal negatif diartikan dengan solusi yang meminimalkan keuntungan dan memaksimalkan biaya pemilihan rumah. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP yang mendukung berbagai operasi MySql, diantaranya mengolah basis data, dan tabel yang ada didalam aplikasi, sedangkan untuk membangun aplikasi digunakan prototyping dan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat bantu pemodelan sistem. Aplikasi yang sudah diimplementasikan mampu menampilkan rekomendasi sesuai dengan kriteria yang diinput user, kriteria tersebut diantaranya : wilayah, luas bangunan, luas tanah, harga, dan kadar air, dengan presentase keberhasilan 85% dan presentase kegagalan 15%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8243
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 200.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 283.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 164.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 152.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 167.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 126.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 127.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 333.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 490.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 1.027Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 899.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 1.342Mb PDF View/Open
Bab 6.pdf 205.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 170.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record