PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN SUSHI BAA CABANG ALPINA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN SUSHI BAA CABANG ALPINA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN SUSHI BAA CABANG ALPINA BANDUNG
Author: Gunawan, Anjar
Abstract: Diberlakukannya otonomi daerah memberikan andil dalam perkembangan usaha Resto dan Café di Kota Bandung hingga saat ini. Berkembangnya usaha resto dan café ini pun secara tidak langsung memperketat persaingan usaha diantara perusahaan sejenis, dimana setiap perusahaan berlomba menonjolkan ciri khasnya untuk menghadapi persaingan. Restoran merupakan bentuk usaha di bidang jasa, dimana salah satu cara untuk menghadapi persaingan di bidang jasa adalah dengan meningkatkan kualitas jasa. Perusahaan harus bisa memberikan kualitas jasa yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan persaing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui kebijakan manajemen restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung dalam penyampaian kualitas jasa kepada konsumen, untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai kualitas jasa pada restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen pada restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung. Hasil penelitian mengenai tanggapan konsumen terhadap kualitas jasa yang diberikan oleh restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung menunjukan nilai rata-rata adalah sebesar 3,90 yang berarti konsumen menganggap baik atas kualitas jasa yang diberikan oleh Sushi Baa cabang Alpina Bandung. Sedangkan dari analisis kepuasan konsumen yang diberikan restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung adalah sebesar 4,04 yang dapat diartikan konsumen telah merasa puas. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi Rank Spearman (rs) yang ditujukan untuk mengetahui keeratan hubungan antara kualitas jasa restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung dengan kepuasan konsumen, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rs sebesar 0,792. Sedangkan berdasarkan analisis uji hipotesis dengan menggunakan distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t table = 8,988 > 1,678, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, maka kualitas jasa mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dengan hasil koefisien determinasi (Kd) sebesar 62,73%, dapat disimpulakan bahwa kepuasan konsumen pada restoran Sushi Baa cabang Alpina Bandung dipengaruhi oleh kualitas jasa sebesar 62,73%. Sedangkan sisanya sebesar 37,27 dipengaruhi oleh variable-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8229
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 55.22Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 373.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 210.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.85Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 39.12Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.80Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.00Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 149.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 160.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 280.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.11Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record