PENGARUH PELAKSANAAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LISUNG RESTO

Widyatama Repository

PENGARUH PELAKSANAAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LISUNG RESTO

Show full item record

Title: PENGARUH PELAKSANAAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LISUNG RESTO
Author: Tahir, Andri Achmad
Abstract: Skripsi ini berjudul Pengaruh Pelaksanaan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen di LISUNG RESTO , disusun oleh : Andri Achmad Tahir (02.09.M021), dibimbing oleh Bapak Taufik Rachim, S.E., M.Si. Usaha bidang jasa merupakan salah satu bidang usaha yang memegang peranan penting dalam suatu sistem perekonomian, pada hakekatnya kebutuhan manusia dari waktu ke waktu semakin lama semakin bertambah dan beraneka ragam. Salah satu bidang usaha jasa yang akhir-akhir ini berkembang pesat di Indonesia adalah restoran, berdasarkan hal tersebut mengundang minat untuk para pemilik modal berlomba-lomba untuk membuka usaha restoran, setiap restoran tidak saja hanya menjual makanan yang lezat dan cita rasa yang nikmat, tetapi situasi, kenyamanan, privacy, atmosfer yang diciptakan merupakan faktor yang sangat penting. Dengan menciptakan store atmosphere yang terdiri dari empat variabel yaitu : exterior, general interior, store layout dan interior point of purchase display senyaman mungkin. Serta memberikan kualitas dan suasana toko yang baik dan sesuai dengan harapan konsumen diharapkan akan timbul rasa puas di mata konsumen terhadap LISUNG RESTO. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini, yaitu untuk menganalisis pelaksanaan Store Atmosphere, untuk menganalisis bagaimana Store Atmosphere yang dilakukan, untuk menganalisis bagaimana kepuasan konsumen yang datang, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan konsumen di LISUNG RESTO. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif, menurut Moh. Nazir (2005:54) adalah: suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki . Untuk mendukung metode tersebut, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti guna memperoleh data primer dengan cara menyebarkan angket (kuesioner) dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang diambil dari konsumen yang datang ke LISUNG RESTO. Hasil penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen di LISUNG RESTO dilakukan perhitungan statistic dengan menggunakan analisis Korelasi Spearman dengan menggunakan SPSS 13, diperoleh nilai sebesar 0,869, artinya hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Koefisien Determinasi untuk Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen adalah sebesar 75,5% sedangkan sisanya sebesar 24,5% dipengaruhi oleh factor lain. Selanjutnya menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung t tabel yaitu 17,39 1,663 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti terdapat hubungan yang positif antara Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen, jadi hipotesis yang penulis ajukan pada BAB I yaitu : Store Atmosphere berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen , dapat diterima. Berdasarkan pembahasan, penulis mengyimpulkan bahwa store atmosphere mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penulis menyarankan agar store atmosphere dilaksanakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang dating ke LISUNG RESTO.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8226
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.50Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 118.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 278.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 151.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 234.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 50.24Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record