PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA HOTEL BUMI ASIH JAYA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA HOTEL BUMI ASIH JAYA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA HOTEL BUMI ASIH JAYA BANDUNG
Author: Kandi, Gusti Ayu Maheswari
Abstract: Seiring dengan berkembangnya pariwisata maka keberadaan kelengkapan akomodasi seperti transportasi, hotel, dan tempat menginap sangat diperlukan. Perkembangan dunia usaha dan pariwisata diikuti perkembangan kebutuhan akan akomodasi termasuk yang di dalamnya terdapat kebutuhan akan hotel. Persaingan di dunia bisnis semakin ketat, maka diperlukan suatu strategi pemasaran yang jitu agar memiliki suatu keunggulan bersaing untuk memenangkan pasar. Salah satu alternatif adalah melakukan berbagai upaya mempertahankan pasar yang sudah ada melalui usaha meningkatkan kepuasan pelanggan serta memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga harapan dari konsumen dapat tercapai yaitu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Apabila perusahaan dapat menyesuaikan pelayanan dengan harapan dan tuntutan konsumen (tamu) maka kepuasan konsumen yang menjadi sasaran utama perusahaan dapat tercapai. Jika pengusaha perhotelan ingin tetap exist maka harus membuat konsep usahanya semenarik mungkin agar usahanya tetap berjalan. Salah satu konsep dalam kegiatan tersebuat yaitu konsep marketing. Berdasarkan alasan di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas tamu pada Hotel Bumi Asih Jaya Bandung”. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metode analisis korelasi Rank Spearman, dimaksudkan karena kedua variabel tersebut diukur dalam skala ordinal serta untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan juga arah hubungan antara variabel independent (kualitas pelayanan) tehadap variabel dependen (loyalitas konsumen). Alasan mengapa menggunakan metode tersebut adalah karena pada penelitian ini Penulis meneliti dua buah variabel yang diperkirakan saling mempengaruhi. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan oleh penulis sebelumnya, dimana hipotesis tersebut diterima atau ditolak. Tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan pada hotel bumi asih jaya bandung dapat dikatakan SETUJU, dimana hipotesis tersebut diterima atau ditolak, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,55 yang berada pada interval 3,40-4,19. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pertanyaan tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan pada hotel bumi asih jaya bandung dikatakan BAIK. Tanggapan responden terhadap pengaruh loyalitas pelayanan pada hotel bumi asih jaya bandung dapat dikatakan SETUJU. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pertanyaan tanggapan responden mengenai pengaruh kualitas tamu pada hotel bumi asih jaya bandung dikatakan BAIK, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,46 yang berada pada interval 3,40-4,19. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas tamu pada Hotel Bumi Asih Jaya Bandung berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,660. Karena nilai rs berada diantara 0,50 – 0,69 maka hubungan antara kualitas pelayanan dengan Loyalitas Konsumen dapat dinyatakan kuat. Besarnya Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas tamu pada Hotel Bumi Asih Jaya Bandung sebesar 43,5% Sedangkan sisanya sebesar 56.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari perhitungan uji t, bahwa t hitung = 11,841 lebih besar dari t table = 1,684 ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima, Kualitas Pelayanan memiliki hubungan yang positif dengan loyalitas konsumen pada Hotel Bumi Asih Jaya Bandung. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8218
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 166.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 256.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 407.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 431.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 422.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 887.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 177.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 195.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record