ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH RIGHT ISSUE DENGAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH RIGHT ISSUE DENGAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH RIGHT ISSUE DENGAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Author: Cahyawati
Abstract: Perusahaan yang ingin memperoleh dana dengan cepat untuk penambahan modal dapat memanfaatkan keberadaan pasar modal dengan melakukan penjualan saham perusahaan. Selain melalui penawaran umum, penjualan saham dapat dilakukan melalui penawaran umum terbatas atau lebih dikenal dengan right issue. Melalui penerbitan right issue maka dana akan masuk sebagai modal. Hal ini jelas menguntungkan bagi perusahaan dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Salah satu alat ukur kinerja keuangan untuk melihat tingkat keberhasilan manajemen dalam mengelola sumber daya keuangan yang dimiliki oleh perusahaan adalah dengan menggunakan Economic Value Added (EVA). Penggunaan pendekatan EVA dalam penelitian didasarkan bahwa pendekatan ini lebih mencerminkan nilai perusahaan dibanding dengan analisis rasio keuangan dan pendekatan ini mampu menggambarkan tingkat pengembalian kekayaan yang dihasilkan bagi para investor dan juga perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah right issue, apakah terjadi peningkatan atau penurunan pasca right issue yang dianalisis dengan menggunakan metode EVA . Obyek dalam penelitian ini adalah 4 perusahaan go public yang melakukan right issue pada tahun 2008. Perusahaan tersebut adalah PT.Bakrie Telecom, PT. Duta Pertiwi, PT. Surya Semesta Internusa, dan PT.Tiga Pilar Sejahtera Food. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory survey melalui pendekatan komparatif. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data sekunder yang kemudian diolah kembali dengan metode analisis yang digunakan adalah statistik parametric. Dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t Paired Sample T-Test untuk menguji dua rata-rata dari dua data yang saling berhubungan atau berpasangan dengan tingkat keyakinan (α = 0,05). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan right issue. Kinerja keuangan ini diukur dari rata-rata nilai EVA berdasarkan data laporan keuangan. Masing-masing dua tahun sebelum dan sesudah right issue. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah dengan uji t Paired Sample T Test untuk menguji dua rata-rata dari data yang berpasangan. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 0,574 dan nilai t tabel sebesar 2,365. Karena t hitung < dari t tabel ( 0,574 < 2,365 ) maka Ho diterima yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kinerja keuangan perusahaan sesudah right issue.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8214
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 75.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 163.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 230.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 123.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 166.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 336.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 556.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 472.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 568.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 115.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record