PENGARUH TYPICAL ENDORSER HOOLAHOOP TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CLOTHING NOOTSJEANS BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH TYPICAL ENDORSER HOOLAHOOP TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CLOTHING NOOTSJEANS BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH TYPICAL ENDORSER HOOLAHOOP TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CLOTHING NOOTSJEANS BANDUNG
Author: Chandra, Zein Priyo
Abstract: Kebutuhan pakaian yang sesuai dengan selera pembeli, variatif, dan harga yang terjangkau pada saat ini amat sangat dicari oleh banyak masyarakat. Melihat pertumbuhan penduduk kota Bandung yang tinggi yang membuat para pelaku bisnis clothing semakin optimis untuk menjalankan atau membuat usaha clothing. Perusahaan clothing saling berlomba untuk menarik pembeli atau konsumen sesuai dengan target pasar yang mereka tentukan. Berbagai promosi yang dilakukan perusahaan dalam menarik pembeli contohnya seperti penggunaan sejumlah tokoh terkenal atau artis dalam menyampaikan pesan beriklan dan merupakan salah satu strategi yang paling sering dilakukan oleh perusahaan clothing. Bentuk promosi tersebut saat ini disebut juga sebagai Typical Endorsement. Typical Endorser saat ini banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak di industri clothing seperti yang sering dilakukan oleh perusahaan clothing NootsJeans pada saat ini. Selama perusahaan clothing NootsJeans ini berdiri, tercatat cukup banyak Endorser yang digunakan oleh NootsJeans yang saat ini menggunakan band HoolaHoop sebagai Endorser produk clothing NootsJeans. Penelitian yang berjudul Pengaruh Typical Endorser HoolaHoop terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada clothing NootsJeans Bandung menggunakan metode deskriptif dan metode survey untuk memperoleh data dari sebagian populasi atau yang akan menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada pengguna produk NootsJeans di Bandung. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa konsumen telah memberikan respon positif mengenai Typical Endorsement yang dilakukan NootsJeans dan bernilai tinggi, karena nilai rata-rata 4,15 berada di interval 3,40 – 4,19. Proses Keputusan Pembelian konsumen NootsJeans dapat dikatakan sangat tinggi karena nilai rata-rata 4,21 berada di interval 4,20 – 5,00. Berdasarkan perhitungan korelasi rank Spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,571. Dikarenakan nilai rs berada pada interval 0,40 – 0,599, dapat dikatakan bahwa hubungan antara Typical Endorser dengan Proses Keputusan Pembelian bersifat cukup kuat dan searah. Sedangkan menurut hasil perihitungan koefisien determinasi diketahui besarnya kontribusi Typical Endorser NootsJeans terhadap Proses Keputusan Pembelian sebesar 32,6% sementara sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian seperti atribut produk, bentuk promosi lainnya, harga dan lain sebagainya. Dari perhitungan Statistik Uji t, nilai 6,885 lebih besar dari sebesar 1,661, maka Ha diterima dan Ho Ditolak. Dengan demikian hipotesis Pengaruh Typical Endorser HoolaHoop berpengaruh positif terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen pada Clothing NootsJeans Bandung dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8209
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 124.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 717.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 311.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 210.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 143.6Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 128.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 380.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 408.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 729.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 619.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 312.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 269.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record