PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA YANG BERGERAK DI BIDANG PENDIDIKAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Pemasaran Program DIII Universitas Komputer Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA YANG BERGERAK DI BIDANG PENDIDIKAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Pemasaran Program DIII Universitas Komputer Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA BAURAN PEMASARAN JASA YANG BERGERAK DI BIDANG PENDIDIKAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Pemasaran Program DIII Universitas Komputer Indonesia)
Author: Lamato, Wahyu Ishak
Abstract: Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Komputer Indonesia dibawah bimbingan. Dr.Mariana Rachmawati SE., M.M Fenomena yang terjadi adalah kecenderungan kehilangan mahasiswa Universitas Komputer Indonesia yang cukup tinggi karena tidak menyelesaikan studinya meskipun pihak Universitas telah melakukan program Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat/lokasi, promosi, bukti fisik, orang dan proses. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi, loyalitas mahasiswa dan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Komputer Indonesia . Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian survai deskriptif dan eksplanatori. Populasi 100 mahasiswa Manajemen Pemasaran DIII. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisa datanya regresi. Hasil penelitian ini adalah akreditasi mempermudah mendapatkan pekerjaan, bangga menjadi mahasiswa Universitas Komputer Indonesia , kurikulum mampu meningkatkan kemampuan manajerial dan bisnis, materi kuliah berguna untuk kebutuhan lapangan kerja, dan program Kuliah Kerja Lapangan bermanfaat.Tetapi, program studi yang ditawarkan masih kurang beragam dan waktu kuliah cukup cepat. Dosen mampu mengajar dan membangkitkan motivasi belajar serta konsisten dalam ketepatan waktu mengajar. Hanya saja, tenaga administrasi masih kurang ramah. Ruangan belajar yang bersih dan peralatan praktikum sudah lengkap. Tetapi kualitas bangunan gedung dan ketersediaan kantin masih biasa saja serta buku-buku diperpustakaan masih kurang lengkap. Perkuliahan yang diikuti menarik, pelaksanaan registrasi yang tepat waktu. Tetapi, prosedur daftar ulang kurang sederhana dan kurang mudah melalkukan komplain atas layanan yang diterima. Biaya kuliah terjangkau dan metode pembayaran kuliah yang beragam. Tetapi jangka waktu pembayaran kuliah kurang fleksibel serta biaya perkuliahan kurang sesuai dengan fasilitas yang diterima. Tempat dan lokasi mudah dicapai dan adanya ketersediaan transportasi umum untuk mencapai kampus. Informasi mengenai registrasi perkuliahan banyak tersedia, jadwal kuliah jelas serta banyak tersedia beasiswa. Akan tetapi, kurang banyak tersedia informasi lowongan kerja. Loyalitas mahasiswa terhadap Universitas Komputer Indonesia terdiri dari mereka selalu melakukan registrasi ulang menjelang awal perkuliahan dan akan merekomendasikan kepada orang lain untuk kuliah di Universitas Komputer Indonesia . Selain itu, tidak akan mengambil kesempatan cuti akademik dan tidak akan pindah ke perguruan tinggi lainnya. Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Komputer Indonesia sebesar 24,7% dan sisanya oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8206
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 59.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 788.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 37.14Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 135.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 130.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 135.9Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 286.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 353.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 306.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 429.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 153.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 155.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record