PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART LENGKONG BESAR BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART LENGKONG BESAR BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ALFAMART LENGKONG BESAR BANDUNG
Author: Oktavia, Trisya
Abstract: Dari semakin banyaknya pilihan supermarket yang ada, banyak hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih supermarket tertentu untuk berbelanja. Lokasi retai berada menjadi salah satu faktor yang dapat menciptakan keputusan pembelian. Pembisnis ritel harus selalu mengembangkan bisnisnya untuk mencari keuntungan, sehingga pembisnis ritel mengembangkan idenya untuk menarik konsumen, salah satu caranya dengan mendirikan minimarket di lokasi yang tepat. Tentu akan menarik perhatian dan minat beli konsumen karena memudahkan konsumen untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Alfamarta dalah salah satu jenis ritel yang penulis lihat cukup dapat menarik perhatian konsumen untuk berkunjung. Dengan pengaturan laytout yang sesuai lini, dan pelayanan yang baik, minimarket ini berusaha menciptakan store atmosphere yang dapat mendukung citra perusahaa sekaligus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan suasana yang menyenangkan dan diharapkan dapat mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen untuk melakukan pembelian.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif,sebaran sampel dengan instrumen kuisioner 100 responden,dengan cara sitem random samling,serta menguji menggunakan metode analisis korelasi rank spearman, dimaksudkan karena kedua variabel tersebut diukur dalam skala ordinal serta untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan juga arah hubungan antara variabel independen (store atmosphere) terhadap variabel dependen (proses keputusan pembelian),dengan ukuran skala ordinal,koefisien determinasi Analisis ini digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variabel bebas (independent variable) terhadap variabel terikat (dependent variable),dan uji hipotesis, Ho : rs 0:Tidak terdapat pengaruh positif Store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Alfamart; Ha : rs > 0:Terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Alfamart.Tanggapan responden mengenai pernyataan responden Pelaksanaan Store Atmosphere Pada Alfamart Lenkong Besar dapat dikatakan SETUJU, Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pertanyaan tanggapan responden mengenai Store Atmosphere Pada Alfamart Lenkong Besar dikatakan BAIK, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,55 yang berada pada interval 3,40-4,19.Tanggapan responden mengenai pernyataan responden Keputusan Pembelian Pada Alfamart Lenkong Besar dapat dikatakan SETUJU, Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pertanyaan tanggapan responden mengenai Keputusan Pembelian Pada Alfamart Lenkong Besar dikatakan BAIK, karena nilai rata -rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,47 yang berada pada interval 3,40-4,19.Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode statistik, maka dapat diketahui:Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi dengan menggunakan korelasi Rank Spearman diperoleh nilai sebesar 0,704. Artinya terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara srote atmosphere dengan keputusan pembelianHasil uji koefisien determinasi pengaruh antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian pelanggan adalah sebesar 49.5% Sedangkan sisanya sebesar 50.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian iniBerdasarkan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 13.825, sedangkan ttabel sebesar 0,195, thitung lebih besar dari ttabel (13.825 > 0,195) dan berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian bahwa hipotesis yang penulis ajukan, yaitu: Pelaksanaan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Lenkong Besar , dapat diterima. penulis menyarankan agar membuat inovasi dalam memudahkan konsumennya dalam mencari lokasi toko tersebut. pengelola menyesuiakan temperatur AC tidak menggangu kondisi fisik konsumen. pengelola menyesuiakan tempat penempatan barang agar tidak mengganggu proses pembelian konsumen dan diharapkan dapat memudahkan proses pembelian konsumen dalam mencari barang. Mengacu kepada perhitungan , thitung sebesar 13.825 berada pada daerah penolakan H0, dengan demikian hipotesis penelitian, yaitu : Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Lengkong Besar Dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8204
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.53Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 43.15Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 259.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 199.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 323.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record