PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung)
Author: Mukti, Sartika
Abstract: Teknologi komunikasi saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan masyarakat umum tetapi juga menjadi lading bisnis yang prospektif. Bisnis operator seluler dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman. Selain itu didudkung pula dengan hadirnya telepon seluler murah yang mampu dijangkau berbagai lapisan masyarakat hingga bisnis telepon seluler pun makin menjamur di Indonesia. Pertumbuhan operator seluler tergolong pesat di Indonesia. Jika dibagi berdasarkan platform yang digunakan, pemakai GSM seluler sebanyak 88%, CDMA seluler 3%, dan CDMA Fixed Wireless Access ( FWA ) 9%. Namun dari sepuluh operator yang ada, hanya 3 operator yang memiliki pangsa pasar lebih dari 5% yaitu Telkomsel, Indosat dan Excelcomindo. Berdasarkan kajian Nathan (Associates Inc. Arlington, Virginia, USA ) bekerja sama dengan Atmitra ( PT. Abdi Tama Mitra ), Metode penelitian sangat dibutuhkan dalam suatu proses penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan atau membuktikan hubungan antar variabel. Sehingga pengaruh antara variabel tersebut dapat diketahui dengan baik dan benar. Baik tingkat pengaruhnya maupun besaran pengaruhnya (Zulganef;2008;11). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan survey dengan cara menyebarkan kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggapan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Universitas Widyatama Bandung. Tanggapan responden terhadap kualitas produk pada Indosat IM3 Bandung dapat dikatakan SETUJU. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pertanyaan tanggapan responden mengenai kualitas produk pada Indosat IM3 Bandung dikatakan BAIK, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,44 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini tentunya kualitas produk yang unggul memiliki manfaat yang berguna bagi PT Indosat IM3. Tanggapan responden loyalitas pelanggan pada Indosat IM3 Bandung dikatakan BAIK, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,47 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan kualitas produk pada Indosat IM3 Bandung yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Indosat IM3 Bandung. Kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Indosat IM3 Bandung berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,654. Karena nilai r berada diantara 0,50 - 0,69 maka hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan dapat dinyatakan kuat. Besarnya antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan adalah 42,8%. Sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari perhitungan uji t, bahwa t hitung = 11,316 lebih besar dari t tabel = 1,665 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka kualitas produk memiliki hubungan yang positif dengan loyalitas pelanggan pada Indosat IM3 Bandung. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8193
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 286.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 333.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 343.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 625.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 170.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record