PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survei Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2011-2015)

Widyatama Repository

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survei Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2011-2015)

Show full item record

Title: PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survei Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di JII Periode 2011-2015)
Author: Firmansyah, Faisal
Abstract: Kinerja perusahaan adalah nilai yang dihasilkan oleh perusahaan dalam periode tertentu dengan mengacu pada suatu standar tertentu. Umumnya, kinerja perusahaan digambarkan melalui kondisi keuangan. Sehingga dapat diketahui mengenai baik buruknya keadaan keuangan suatu perusahaan yang mencerminkan prestasi kerja dalam suatu periode tertentu. Dalam penelitian ini kinerja perusahaan dapat diukur melalui profitabilitas perusahaan. Peningkatan profitabilitas perusahaan membutuhkan penerapan pengelolaan perusahaan yang baik maka perusahaan perlu mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance terhadap profitabilitas perusahaan. Good Corporate Governance diproksikan melalui Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, sedangkan profitabilitas perusahaan diproksikan dengan ROE. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dimana populasi diambil dari perusahaan yang terdaftar di JII periode 2011-2015, dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Data yang diperlukan berupa data kuantitatif, yaitu laporan keuangan dua belas perusahaan yang terdaftar di JII sampel dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi, Adjusted R Square, pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa Dewan Direksi berpengaruh positif signifikan terhadap variabel profitabilitas, Dewan Komisaris berpengaruh secara signifikan terhadap variabel profitabilitas. Komite Audit tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Kepemilikan Institusional berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8161
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 156.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 809.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.33Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 173.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.05Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.63Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.16Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.63Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 262.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 376.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 460.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 676.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 139.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.73Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record