PENGARUH EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN FITNES CENTER PADA REBEL GYM DAGO BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN FITNES CENTER PADA REBEL GYM DAGO BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN FITNES CENTER PADA REBEL GYM DAGO BANDUNG
Author: Karistona, Gede Harry
Abstract: Emotional marketing adalah usaha yang menyeluruh dari perusahaan untuk memperoleh hubungan agar membuat konsumen merasa dihargai dan diperhatikan sehingga konsumen menjadi loyal untuk membeli produk perusahaan. Emotional marketing dilakukan oleh perusahaan agar dapat mempertahankan pelanggan dan pelanggan tersebut dapat merekomendasikan produk perusahaan kepada orang lain. Penelitian berjudul Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Fitnes Center (Studi Pada Rebel Gym Dago Bandung). Tujuan penelitian untuk mengetahui emotional marketing yang dirasakan pelanggan di Rebel Gym, untuk mengetahui loyalitas pelanggan dan untuk mengetahui besar pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas pelanggan Fitnes center di Rebel Gym. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan, mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sebagaimana adanya, dengan pendekatan verifikatif yaitu untuk menguji apakah parameter yang digunakan sesuai dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan Emotional marketing yang dirasakan pelanggan Fitnes center di Rebel Gym sudah baik karena nilai rata-rata keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3,50 berada pada interval 3,40 – 4,19. Akan tetapi masih terdapat elemen-elemen yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti seperti Informasi – informasi seputar fitnes dan pelayanan yang lebih serta tidak ada rasa khawatir terhadap jasa yang di berikan, karena memiliki nilai yang paling kecil. Loyalitas pelanggan Fitnes center di Rebel Gym dapat dikatakan tinggi karena memiliki nilai rata-rata dari jawaban kuesioner sebesar 3,53 berada pada interval 3,40-4,19. Akan tetapi masih terdapat elemen-elemen yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti seperti melakukan penolakan terhadap fitnes center lain yang mengajukan penawaran. Pengaruh Emotional marketing terhadap loyalitas pelanggan Fitnes center di Rebel Gym memiliki hubungan yang sedang sebesar 0.673 yang berada pada interval 0,40 – 0,599. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 45,29%, artinya emotional marketing mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 45,29%, sisanya sebesar 54,71% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terukur. Hasil uji hipotesis, di dapat nilai hitungt lebih besar dari tabelt (8,53> 1,662), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Emotional marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Fitnes Center pada Rebel Gym Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8144
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 59.01Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 346.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 176.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 135.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 161.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.36Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.91Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 331.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 390.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 306.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 384.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 155.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 63.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record