PERBANDINGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) DALAM TEKNIK LOT SIZING (Studi Kasus Pada PT. Tirta Investama Bandung)

Widyatama Repository

PERBANDINGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) DALAM TEKNIK LOT SIZING (Studi Kasus Pada PT. Tirta Investama Bandung)

Show full item record

Title: PERBANDINGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN PERIODIC ORDER QUANTITY (POQ) DALAM TEKNIK LOT SIZING (Studi Kasus Pada PT. Tirta Investama Bandung)
Author: Satria, Vian Septian Dwi Putra
Abstract: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan perencanaan dan penjadwalan yang selama ini diterapkan oleh perusahaan pada saat menentukan setiap kali pesanan dilakukan dalam mengisi kembali persediaan. Studi ini menggunakan model persediaan deterministik yaitu Economic Order Quantity (EOQ) dan Periodic Order Quantity (POQ). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan sumber data primer. Hasil analisis dengan menggunakan metode EOQ terjadi efisiensi total biaya persediaan sebesar 9.59% dan POQ sebesar 15.36%. Meskipun metode EOQ dapat menghasilkan efisiensi total biaya persediaan, terdapat beberapa kendala dan hambatan jika metode EOQ diterapkan yaitu alokasi penggunaan truk. Sehingga penentuan ukuran pengadaan yang dilakukan perusahaan sudah berjalan dengan baik dengan mempertimbangkan interval waktu pengadaan secara periodik melalui pendekatan Periodic Order Quantity. Hanya saja rencana penjadwalan yang ada diperusahaan lebih sering dalam mengantisipasi kebutuhan periode selanjutnya dengan melakukan pengadaan yang lebih tinggi. Hasil implikasi dari penelitian ini yaitu dapat menyediakan pertimbangan kepada perusahaan mengenai estimasi dan prediksi kapan waktu pengadaan yang tepat dengan menggunakan model probabilistik, metode forecasting dengan kerangka kerja yang digunakan yaitu Distribution Requirement Plan (DRP). Sehingga dengan kebijakan seperti ini diharapkan mampu mengoptimasi dan mereduksi biaya-biaya pengendalian persediaan melalui kapan dilakukannya pengadaan yang tepat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8140
Date: 2016


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 74.94Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 149.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 158.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 220.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 170.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 213.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 606.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 435.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 968.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 122.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 225.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record