PENGARUH PERPUTARAN KAS, DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Industri Rokok Yang Listing DI BEI Periode 2007-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH PERPUTARAN KAS, DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Industri Rokok Yang Listing DI BEI Periode 2007-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH PERPUTARAN KAS, DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survei Pada Industri Rokok Yang Listing DI BEI Periode 2007-2011)
Author: Rusmana, Syelli
Abstract: Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah terpenuhinya modal utama yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan yaitu modal kerja (working capital), dimana modal kerja digunakan oleh perusahaan untuk membiayai aktivitas operasionalnya. Modal kerja merupakan modal atau dana yang diinvestasikan perusahaan ke dalam aktiva lancar (current assets) dan dari dana tersebut diharapkan dapat diperoleh laba yang maksimal. Salah satu cara dalam memperbesar perolehan laba adalah dengan meningkatkan efisiensi penggunaan dana perusahaan melalui pengelolaan modal kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran kas, dan perputaran piutang terhadap profitabilitas baik secara simultan maupun parsial pada industri rokok yang listing di BEI periode 2007-2011. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah dengan menggunakan eksplanatori survey dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan verikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel perputaran kas (X1), perputaran Piutang (X2) terhadap profitabilitas (Y) secara simultan menunjukkan bahwa nilai Perputaran kas, dan Perputaran piutang memiliki keeratan hubungan yang lemah terhadap profitabilitas (Y) dan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel profitabilitas (Y). Dari hasil pengujian secara parsial dari variable independen (variable X) terhadap variable dependen (variable Y) memberikan hasil sebagai berikut: pengaruh perputaran kas (X1) terhadap profitabilitas diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang lemah antara perputaran kas dengan profitabilitas, dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa Ho diterima, artinya perputaran Kas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Profitabilitas. Hasil pengujian untuk menguji pengaruh Perputaran piutang (X2) terhadap profitabilitas diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah antara piutang dengan profitabilitas, dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak, artinya Perputaran piutang (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8139
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.923Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.54Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 596.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 384.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 320.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.23Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record