PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALENA BEAUTY SALON

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALENA BEAUTY SALON

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ALENA BEAUTY SALON
Author: Sudiarni, Noviyanti
Abstract: Kondisi bisnis perusahaan penyedia jasa salon kecantikan khususnya di Kota Bandung kian semakin berkembang. Kemajuan ekonomi serta pertumbuhan jumlah salon kecantikan dibarengi pula dengan kebutuhan konsumen untuk merawat kecantikan namun terkendala oleh padatnya aktivitas yang memaksa para konsumen memilih alternatif dengan menggunakan jasa salon kecantikan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Alena Beauty Salon yang kian berbenah untuk mengungguli para pesaingnya, apakah mampu menyediakan kualitas pelayanan lebih yang pada akhirnya nanti dapat menimbulkan kepuasan yang lebih dimata konsumennya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang, sedangkan verifikatif yaitu metode yang bertujuan melakukan pengujian hipotesis, pengaruh variabel X terhadap variable Y. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan terhadap kepuasan konsumen pada Alena Beauty Salon. Tanggapan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Alena Beauty Salon memiliki nilai 3,98, yang artinya baik karena berada pada interval 3,40 - 4,19. Hal ini menunjukan bahwa dengan pelayanan yang unggul memiliki manfaat yang baik bagi perusahaan. Tanggapan responden terhadap kepuasan konsumen Alena Beauty Salon diperoleh hasil nilai rata – rata keseluruhan sebesar 3.89 yang artinya puas karena berada pada interval 3,40 - 4,19. Hal ini menunjukan bahwa konsumen merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Alena Beauty Salon. Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Alena Beauty Salon berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, maka diperoleh nilai rs sebesar 0,606, maka hubungan antara kualitas pelayanan yang dilakukan Alena Beauty Salon terhadap kepuasan konsumen dapat dinyatakan kuat. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Alena Beauty Salon sebesar 36,7% Sedangkan sisanya sebesar 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya, promosi dan lain-lain. Dari perhitungan uji t, bahwa Thitung 6,726 lebih besar dari Ttabel = 1,665. Ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka kualitas pelayanan memiliki hubungan yang positif terhadap kepuasan konsumen pada Alena Beauty Salon. Hal ini berarti hipotesis yang penulis ajukan pada Bab I yaitu “Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan, maka kepuasan konsumen akan semakin meningkat”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8131
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 97.67Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 134.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 457.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 405.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 508.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 778.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 160.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record