PENGARUH EKSTENSIFIKASI DAN INTENSIFIKASI PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Penelitian Terhadap Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH EKSTENSIFIKASI DAN INTENSIFIKASI PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Penelitian Terhadap Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH EKSTENSIFIKASI DAN INTENSIFIKASI PAJAK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Penelitian Terhadap Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)
Author: Suryani, Reni
Abstract: Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang paling dapat diandalkan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan dan pemerintahannya dengan tidak mengesampingkan sumber-sumber yang lain adalah Pajak Daerah. Namun, sifat dasar manusia yang sering kali menghindari pembayaran pajak dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya membayar pajak tentu menjadi masalah bagi pemerintah daerah dan dapat menyebabkan rendahnya tingkat pembayaran pajak yang berdampak pada berkurangnya penerimaan pajak yang diterima oleh pemerintah daerah. Salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah atau komponen-komponen lainnya salah satunya adalah dengan cara membuat kebijakan-kebijakan. Dalam pajak pemerintah melakukan kebijakan berupa tax policy. Salah satu bentuk tax policy adalah melalui ekstensifikasi pajak dan intensifikasi pajak. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh mengenai ekstensifikasi pajak dan intensifikasi pajak serta pengaruhnya terhadap pendapatan asli daerah di kota Bandung dan bermaksud menuangkannya kedalam skripsi yang berjudul: “Pengaruh Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Pemerintah Kota Bandung”. Metode Penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini dalah metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian survey data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui operasionalisasi variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : variabel bebas terdiri dari Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak Daerah, dan variabel terikat adalah Pendapatan Asli Daerah pada Pemerintah Kota Bandung tahun 2005-2011. Uji hubungan dengan menggunakan analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi. Pengujian analisis statistik ini dengan menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistics 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstensifikasi dan intensifikasi pajak berpengaruh secara parsial terhadap Pendapatan Asli Daerah. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstensifikasi dan intensifikasi pajak terhadap Pendapatan Asli Daerah. Kata kunci: ekstensifikasi pajak, intensifikasi pajak, pendapatan asli daerah pemerintah kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8120
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 33.98Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.59Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.54Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 52.36Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.08Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 35.62Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 31.98Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 31.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 105.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 163.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 178.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 266.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.90Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.98Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record