PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus Berdasarkan Persepsi Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)
Author: Sahputra, Iqbal Hadi
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang membentuk gaya kepemimpinan dosen dan bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap gaya kepemimpinan (mengajar) dosen membentuk efektivitas dan bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai efektivitas proses belajar mengajar , seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap terhadap efektivitas proses belajar mengajar . Objek penelitian mengambil lokasi di Universitas Widyatama Bandung, adapun yang menjadi objek penelitian sebagai variabel independent yaitu gaya kepemimpinan dengan indikator (mempengaruhi orang lain (memotivasi dan memberikan inspirasi), memberi imbalan dan dukungan, mengembangkan dan membimbing). variabel dependent yaitu efektivitas dengan indikator (kualitas, kuantitas, dan waktu). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Widyatama dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Regresi linier sederhana, Hasil penelitian yaitu faktor yang paling berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan adalah efektivitas proses belajar mengajar yang menunjukkan hasil regresi linier berpengaruh signifikan. Peneliti menyimpulkan hasil pengolahan data rekapitulasi gaya kepemimpinan dengan nilai tertinggi adalah tanggapan responden bahwa Nilai yang di berikan dosen dapat meningkatkan semangat belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan karena dalam pemberian nilai dalam proses belajar mengajar mahasiswa adalah tugas dari pengajar (dosen) yaitu pemberian nilai yang baik didalam perkuliahan akan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa begitu juga dengan sebaliknya , hasil pengolahan data rekapitulasi efektivitas proses belajar mengajar dengan nilai tertinggi adalah tanggapan responden Nilai per semester sesuai dengan harapan mahasiswa sangat baik. Hal ini disebabkan karena pengetahuan dan ketelitian pemberian nilai yang diberikan pengajar(dosen) cukup baik dan dorongan dan semangat terhadap mahasiswa Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu pengajar (dosen) selain harus bisa memotivasi, menginspirasi, memberikan dukungan, dan membimbing agar mahasiswa terdorong untuk semangat dalam perkuliahan, dan nilai setiap mata kuliah yang diberikan juga dapat mempengaruhi semangat belajar mahasiswa pengajar (dosen) harus juga dapat meningkatkan kedisiplinan waktu dan kedisiplinan dalam memberikan tugas dan tanggung jawab kepada mahasiswa dengan cara memberikan contoh dan pengaruh dari diri pengajar (dosen) tersebut , oleh karena itu mahasiswa (pelajar) dapat meniru tingkat disiplin yang baik dan ketepatan waktu dalam peoses belajar kepemimpinan yang berfungsi untuk mendorong, memberikan semangat dalam kegiatan belajar kepemimpinan agar efektivitas proses belajar kepemimpinan menjadi tinggi, karena semakin tinggi nya tingkat keterlambatan pengejar akan memberikan contoh ataupun pengeruh yang kurang baik terhadap mahasiswa (pelajar) dalam proses pengembangan diri dan bimbingan yang diberikan pengejar (dosen) kepada pelajar (mahasiswa) tidak berjalan secara efektif begitu juga sebaliknya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8109
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 58.97Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 892.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 180.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 40.12Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.23Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.39Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.83Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 228.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 378.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 361.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 428.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.39Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record