PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA MAHASISWA AKUNTANSI PADA PROGRAM STRATA-1 DAN PPAK TERHADAP PROFESI AKUNTANSI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Widyatama Repository

PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA MAHASISWA AKUNTANSI PADA PROGRAM STRATA-1 DAN PPAK TERHADAP PROFESI AKUNTANSI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Show full item record

Title: PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA MAHASISWA AKUNTANSI PADA PROGRAM STRATA-1 DAN PPAK TERHADAP PROFESI AKUNTANSI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS WIDYATAMA)
Author: Satria, Archifaris Hadiwirya
Abstract: Kemajuan ekonomi pada suatu negara memicu berkembangnya kegiatan bisnis dan akan mendorong munculnya pelaku bisnis baru, sehingga menimbulkan persaingan yang sangat kompetitif dalam dunia bisnis. Perkembangan tersebut akan diikuti dengan perkembangan profesi akuntan. Sukrisno Agoes (2009) mengatakan bahwa profesi akuntan publik tidak diminati kalangan muda dan fresh graduate (sarjana baru). Faktor yang mempengaruhi sedikitnya minat lulusan mahasiswa akuntansi untuk menjadi akuntan publik yaitu risiko akuntan publik yang ditanggung sangat besar sedangkan penghasilannya tidak sesuai dengan beban risiko yang ditanggung oleh akuntan publik. Persepsi adalah proses di mana individu mengatur dan menginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka Robbins dan Judge (2008). Mc Dowall (2008) mengatakan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan persepsi mahasiswa akuntansi, antara lain Work activities of the profession, Prestige of the profession, dan Influences of parents and family. Objek penelitian ini adalah persepsi mahasiswa akuntansi mengenai profesi akuntansi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Program Strata-I Reguler, dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) sebanyak 332 responden. Berdasarkan analisis K independent Sample Test dengan Kruskal Wallis Test dengan menggunakan SPSS versi 20, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa akuntansi pada Program Strata-I Reguler, dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Universitas Widyatama terhadap profesi akuntansi. Prestige of the profession adalah faktor yang paling dominan yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi mengenai profesi akuntansi. Perguruan tinggi sebaiknya memperkenalkan profesi akuntansi kepada mahasiswa sejak awal memasuki perguruan tinggi, sehingga mahasiswa dapat mengetahui banyak hal dan lebih tertarik terhadap profesi akuntansi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8096
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.42Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 75.87Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.80Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 148.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 113.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.48Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 205.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 213.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 425.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 437.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record