PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Customer Care Plaza Cijawura-Bandung Timur)

Widyatama Repository

PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Customer Care Plaza Cijawura-Bandung Timur)

Show full item record

Title: PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP KINERJA MANAJER PUSAT LABA (Studi kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Customer Care Plaza Cijawura-Bandung Timur)
Author: Ayuningtyas, Dian
Abstract: Dewasa ini, perusahaan jasa dalam bidang telekomunikasi dihadapkan pada persaingan yang ketat, perusahaan dituntut harus mampu memperoleh dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi yang dimiliki secara efektif dan efisien. serta harus mengembangkan usahanya sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungan hidup perusahaan. Perolehan laba sebuah perusahaan berbanding lurus dengan kinerja pegawai nya, dengan adanya desentralisasi memperkenankan para manajer puncak mengimplementasikan keputusan-keputusan penting akan kinerja yang berkaitan dengan wilayah pertanggungjawaban mereka. Kinerja manajer pusat laba di harapkan terus meningkat sesuai dengan target yang telah di tetapkan dengan tujuan untuk memperoleh laba sebesar mungkin. Oleh karena itu pentingnya pengetahuan suatu perusahaan akan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja pusat laba, penelitian ini dilakukan pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang mengalami stagnansi dan penurunan kinerjanya pada tahun 2010, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh informasi akuntansi pertanggungjawaban terhadap kinerja manajer pusat laba. Mengingat bahwa Jawa Barat merupakan pusat pangsa pasar terbesar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, maka dalam peneliatian ini hanya meneliti wilayah Kota Bandung pada khususnya, dan Customer Care Plaza Cijawura lah yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang di uji dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman menunjukan bahwa informasi akuntansi pertanggungjawaban yang memadai berpengaruh terhadap kinerja manajer pusat laba pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Customer Care Plaza Cijawura Bandung Timur sebesar 0,714 Nilai ini menunjukkan kekuatan hubungan antara informasi akuntansi pertanggungjawaban dengan kinerja manajer pusat laba. Maka hubungan informasi akuntansi pertanggungjawaban dengan kinerja manajer pusat laba masuk dalam kategori kuat atau erat. Arah hubungan positif antara informasi akuntansi pertanggungjawaban dengan kinerja manajer pusat laba menunjukkan bahwa semakin baik informasi akuntansi pertanggungjawaban maka akan diikuti dengan peningkatan kinerja manajer pusat laba. Dengan Koefisien Determinasi (KD) informasi akuntansi pertanggungjawaban yang memiliki kontribusi pengaruh sebesar 51% terhadap kinerja manajer pusat laba, sedangkan sisanya sebesar 49% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara hasil uji t didapat thitung (2,498) lebih besar dari ttabel (2,447) sehingga pada tingkat kekeliruan 5% diputuskan untuk menolak Ho sehingga hipotesis H1 yang ditetapkan oleh penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8089
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 358.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 471.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 584.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 775.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 120.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 191.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record