PENGARUH SKALA KAP DAN EFEKTIVITAS KINERJA KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Listing yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010)

Widyatama Repository

PENGARUH SKALA KAP DAN EFEKTIVITAS KINERJA KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Listing yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010)

Show full item record

Title: PENGARUH SKALA KAP DAN EFEKTIVITAS KINERJA KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Listing yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010)
Author: Mubahrani, Azitha Ainna
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh skala KAP dan efektivitas kinerja komite audit dapat mempengaruhi manajemen laba. Skala KAP dalam penelitian ini diukur dari skala KAP yang bekualitas tinggi atau rendah. Sedangkan efektivitas kinerja komite audit yang digunakan dalam penelitian ini adalah independensi anggota komite audit yang diukur dengan persentase jumlah anggota komite audit yang independen terhadap jumlah anggota komite audit, keahlian anggota komite audit yang dilihat dari keberadaan anggota komite audit yang memiliki keahlian dibidang akuntansi atau keuangan, frekuensi pertemuan anggota komite audit yang diukur dengan jumlah pertemuan anggota komite audit, komitmen waktu anggota komite audit yang dilihat dari keberadaan anggota komite audit yang bekerja tidak lebih dari tiga perusahaan dalam periode yang bersamaan, dan ukuran anggota komite audit yang diukur dengan jumlah anggota komite audit. Manajemen laba pada penelitian ini diukur dengan nilai discretionary accruals yang dihitung dengan menggunakan model Jones (1991) yang di modifikasi oleh Dechow et al. (1995) . Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif eksplanatori dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan listing yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dimana sampel dipilih berdasarkan kriteria yang dibutuhkan penulis, dan diambil sampel sebanyak 41 perusahaan setiap tahunnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasilnya membuktikan bahwa skala KAP, independensi anggota komite audit, keahlian anggota komite audit, frekuensi pertemuan anggota komite audit, komitmen waktu anggota komite audit, dan ukuran anggota komite audit secara simultan mempengaruhi manajemen laba. Skala KAP dan ukuran anggota komite audit secara parsial mempengaruhi manajemen laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8085
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 94.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 82.37Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.79Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 164.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 132.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 99.86Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.76Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 186.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 493.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 307.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 479.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.68Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 163.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record