ANALISIS PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN PERSISTENSI LABA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Metal & Mineral Mining yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN PERSISTENSI LABA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Metal & Mineral Mining yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN PERSISTENSI LABA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Metal & Mineral Mining yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Mustikautary, Yeasi
Abstract: Sebagai salah satu kategori perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, perusahan metal & mineral mining merupakan salah satu kategori perusahaan yang mampu bertahan dalan jajaran Indeks Liquiditas Bursa Efek Indonesia (Indeks LQ 45). Dalam kaitannya dengan perdagangan saham, tentunya investor akan tertarik pada tingkat keuntungan (return) yang diharapkan di masa mendatang dengan tingkat risiko yang rendah. Sebagai salah satu pertimbangan bagi calon investor, Persistensi Laba mampu menjelaskan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan jumlah laba yang diperoleh saat ini sampai masa mendatang. Pada penelitian ini digunakan RNOA sebagai proksi Persistensi Laba, karena dianggap mampu menjelaskan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan laba. Sementara itu, Arus Kas Operasi menjadi penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue-producing activities) yang menjadikannya elemen penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Arus Kas Operasi dan Persistensi Laba terhadap Return Saham perusahaan metal & mineral mining yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2003-2010. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji ketergantungan dari variabel bebas tehadap variabel terikatnya, dengan tujuan memprediksi nilai rata-rata populasi berdasarkan nilai-nilai variabel bebasnya. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan metode statistik regresi berganda dengan data panel, dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji f dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil dari uji hipotesis secara simultan menunjukan f hitung (0,635) < f tabel (3,55), maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, Arus Kas Operasi dan Persistensi Laba tidak mampu menjelaskan Return Saham. Arus kas operasi dan persistensi laba menjelaskan 3,8% return saham, dan sisanya senilai 96,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar Arus Kas Operasi dan Persistensi Laba. Sedangkan hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukan nilai t hitung (7,059) > nilai t tabel (2,0930), maka dapat disimpulkan ada pengaruh timbal balik antara Arus Kas Operasi terhadap Persistensi Laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8083
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 435.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 188.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 112.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 395.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 333.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 486.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 549.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 195.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 112.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record