MANFAAT ANGGARAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)
Author: Mestauli, Veronica Magdalena
Abstract: Dalam era otonomi daerah sekarang ini, dimana daerah mempunyai kesiapan dan kekuasaan yang berbeda-beda dalam sumber daya alam dan sumber daya manusianya, maka daerah berhak mengatur rumah tangganya sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat. Oleh karena itu harus merasionalisasikan pengeluaran dan penerimaan daerah serta manajemen keuangan diseluruh jajaran birokrasi. Pemerintah daerah haruslah melakukan pengawasan yang kuat agar tidak terjadi penyelewangan atas pemberian wewenang dan keleluasaan yang luas tersebut. Skripsi yang berjudul “Manfaat Anggaran Pendapatan Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)” terinspirasi dari masalah yang dihadapi Kota Bandung saat ini, salah satunya adalah lemahnya kemampuan daerah Kota Bandung dalam penyusunan anggaran pendapatan, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini mencoba untuk mengetahui manfaat penyusunan anggaran pendapatan daerah dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu metode yang bertujuan menggambarkan keadaan fakta yang ada kemudian disimpulkan, diolah, dan dianalisis sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan anggaran pendapatan di Pemerintahan Kota Bandung telah terbukti efektif, terlihat dengan dilaksanakannya indikator efektifitas penyusunan anggaran, yaitu aspek perencanaan, aspek pengendalian, aspek akuntabilitas publik, dan mengandung ciri-ciri penyusunan anggaran. Adanya kenaikan yang signifikan dapat dilihat dari tahun anggaran 2008 yang mengalami kenaikan sebesar 92.11%, tahun anggaran 2009 mengalami kenaikan sebesar 131.18% dan tahun anggaran 2010 mengalami kenaikan sebesar 106%. Dengan adanya peyusunan anggaran yang telah efektif, maka akan memberikan manfaat terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penulis memberikan saran agar pemerintah daerah Kota Bandung dapat terus mempertahankan keefektifan penyusunan anggaran agar terus dapat memberikan manfaat yang lebih signifikan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8082
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 169.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 169.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 161.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 98.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 263.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 377.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 419.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 340.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 104.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record