PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Katarina, Sara
Abstract: Salah satu penentu keberhasilan pengelolaan aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuannya ditentukan oleh sumber daya yang tepat. Manajemen harus mempunyai cara yang tepat dalam mendapatkan, memelihara serta mempertahankan seluruh sumber daya yang mereka telah miliki. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan kompensasi finansial berupa gaji. Pengeluaran gaji merupakan salah satu unsur yang mudah menjadi kecurangan atau penggelapan dengan menggunakan berbagai cara. Dari keadaan tersebut perlu diadakan suatu penanganan yang dapat dijadikan kontrol bagi seluruh operasional perusahaan. Oleh karena itu pentingnya pelaksanaan fungsi dan peran audit internal dalam menunjang efektivitas sangat dibutuhkan atas gaji. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui dan menilai efektivitas pelaksanaan audit internal atas penggajian dan mengetahui peranan audit internal dalam menunjang efektivitas penggajian. Penulis melakukan penelitian ini pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten yang terletak di JL. Asia Afrika No 63 Bandung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperlukan oleh peneliti diperoleh melalui studi lapangan, observasi dan pengujian kuisioner. Di samping itu penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh landasan teoritis yang digunakan sebagai bahan acuan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa audit internal berperan dalam menunjang efektivitas penggajian. Dari hasil pengujian hipotesis dilihat dari nilai t-hitung (6,0333) lebih besar dari t-tabel (2,1009), derajat keyakinan 95 % memaknai bahwa ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara Audit internal dengan Efektivitas penggajian. Sehingga hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Audit internal yang dilaksanakan secara memadai berpengaruh terhadap efektivitas penggajian” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8081
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.95Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.67Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.85Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 28.27Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.43Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 58.17Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 284.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 188.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 309.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.94Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record