ANALISIS IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) KARTU KREDIT TERHADAP KEPUASAN PEMEGANG KARTU KREDIT (Studi Survey pada PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Wilayah Bandung)
No Thumbnail Available
Date
2013
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Saat ini perusahaan yang akan memenangkan persaingan adalah mereka
yang mampu mendapatkan informasi penting dan merespon informasi tersebut.
Disinilah peranan ERP untuk meningkatkan kepuasan nasabah khususnya dalam
penelitian ini nasabah kartu kredit. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana dan seberapa besar pengaruh implementasi ERP kartu kredit terhadap
kepuasan pemegang kartu kredit pada PT. Bank Negara Indonesia di Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analitis.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui studi kepustakaan dan
studi lapangan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan empat variabel,
yaitu implementasi ERP kartu kredit (mekanisme penggunaan kartu kredit,
mekanisme penagihan kartu kredit, mekanisme pembayaran kartu kredit) dan
kepuasan pemegang kartu kredit (cardholder).
Hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan distribusi t
diperoleh hasil (mekanisme penggunaan kartu kredit) = 2,285 > 2,056,
mekanisme penagihan kartu kredit) 2,481 > 2,056 dan
(mekanisme pembayaran kartu kredit) = 4,145 > 2,056. maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Ini berarti mekanisme penggunaan kartu kredit, mekanisme penagihan
kartu kredit, serta mekanisme pembayaran kartu kredit berpengaruh secara parsial
terhadap tingkat kepuasan pemegang kartu kredit serta lebih besar
dari yaitu 83,165 > 2,98, maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa
mekanisme penggunaan kartu kredit, mekanisme penagihan kartu kredit, dan
mekanisme pembayaran kartu kredit secara simultan berpengaruh terhadap
kepuasan pemegang kartu kredit dapat diterima.. Dengan demikian hipotesis yang
diajukan di Bab 1 yaitu “Implementasi ERP Kartu Kredit Terhadap
Kepuasan Pemegang Kartu Kredit” pada PT. Bank Negara Indonesia Tbk.
(Pesero) di Bandung dapat diterima.
Description
Keywords
Analisis, Enterprise Resource Planning, Kartu Kedit, Kepuasan, Analysis, Credit Card, Satisfaction