ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL BAGIAN AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk. Kantor Wilayah Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL BAGIAN AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk. Kantor Wilayah Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL BAGIAN AKUNTANSI SEBELUM DAN SESUDAH IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk. Kantor Wilayah Bandung)
Author: Yuliandini, Inke Perdana
Abstract: Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem teknologi informasi yang dapat dijadikan pilihan bagi perusahaan‐perusahaan dan secara radikal merubah cara bagaimana informasi akuntansi diproses, dianalisa, diaudit, dan disebarkan. Perusahaan perbankan, sebagai salah satu perusahaan yang sangat terkait erat dengan peranan teknologi informasi dalam aktivitas bisnisnya tentu saja tidak dapat dilepaskan dari sistem ini. Adanya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan nasabah di tengah pasar yang semakin berkembang adalah sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Saat ini perusahaan yang akan memenangkan persaingan adalah mereka yang mampu mendapatkan informasi penting dan merespon informasi tersebut. Disinilah peranan ERP untuk mengurangi ketidakefisienan waktu dan sumberdaya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas pengendalian internal sebelum dan sesudah implementasi ERP pada PT. Bank Negara Indonesia di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan dua variabel, yaitu efektivitas Pengendalian Internal sebelum ERP dan efektivitas Pengendalian Internal sebelum ERP. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa implikasi penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) pada BNI telah dilaksanakan dengan baik dan tujuan Pengendalian Internal pada BNI sudah tercapai dengan baik. Berdasarkan uji Wilcoxon signed rank test, diperoleh nilai Zhitung lebih besar dari nilai nilai Ztabel yaitu 4,789 > 1,96, maka Ho ditolak. Artinya bahwa efektivitas pengendalian internal sebelum dan sesudah implementasi ERP pada BNI akan berbeda hasilnya. Hal ini diperkuat dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan tentang efektivitas pengendalian internal sesudah implementasi ERP pada BNI sebesar 4,03 lebih besar dari nilai rata-rata keseluruhan tentang efektivitas pengendalian internal sebelum implementasi ERP pada BNI sebesar 3,39.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8077
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 202.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 259.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 347.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 305.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 311.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 280.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.22Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record