PENGARUH PERSEPSI AUDITOR EKSTERNAL ATAS KODE ETIK TERHADAP KINERJA AUDITOR EKSTERNAL (Studi Survei pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PERSEPSI AUDITOR EKSTERNAL ATAS KODE ETIK TERHADAP KINERJA AUDITOR EKSTERNAL (Studi Survei pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PERSEPSI AUDITOR EKSTERNAL ATAS KODE ETIK TERHADAP KINERJA AUDITOR EKSTERNAL (Studi Survei pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat)
Author: Andayani, Indah Puri
Abstract: Audit pemerintahan merupakan salah satu elemen penting dalam penegakan good government. Namun demikian, praktiknya sering jauh dari yang diharapkan. Terdapat beberapa kelemahan dalam audit pemerintahan di Indonesia, di antaranya tidak tersedianya indikator kinerja yang memadai sebagai dasar pengukur kinerja pemerintahan baik pemerintah pusat maupun daerah dan hal tersebut umum dialami oleh organisasi publik karena output yang dihasilkan yang berupa pelayanan publik tidak mudah diukur. Dengan kata lain, ukuran kualitas audit masih menjadi perdebatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi auditor eksternal atas kode etik di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, untuk mengetahui kinerja yang dilakukan oleh auditor eksternal di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, dan untuk mengetahui pengaruh persepsi auditor eksternal atas kode etik terhadap kinerja auditor eksternal di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan dua variabel, yaitu variabel independen yang ditunjukan oleh persepsi auditor BPK RI atas kode etik dan variabel dependen yang ditunjukan oleh kinerja Auditor BPK RI. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi auditor eksternal atas kode etik pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat berdasarkan penilaian komponen-komponen integritas, objektivitas, kerahasiaan, dan kompetensi telah berjalan dengan baik. Kinerja yang dilakukan oleh auditor eksternal pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Barat berdasarkan penilaian atas kualitas pekerjaan dan kuantitas pekerjaan/jumlah output telah berjalan dengan baik. Pengaruh persepsi auditor eksternal atas kode etik terhadap kinerja auditor eksternal pada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Jawa Barat sangat besar, dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan pengujian hipotesis, karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi auditor eksternal atas kode etik mempengaruhi kinerja auditor eksternal pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8076
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 123.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 338.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 411.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 541.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.075Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 125.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 247.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record