PENGARUH AKUNTABILITAS, PENGETAHUAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS HASIL KERJA AUDITOR (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AKUNTABILITAS, PENGETAHUAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS HASIL KERJA AUDITOR (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AKUNTABILITAS, PENGETAHUAN DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS HASIL KERJA AUDITOR (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Sihombing, Hermina
Abstract: Auditor menjadi profesi yang diharapkan masyarakat karena memberikan kontribusi yang relevan dan andal yang dapat dipercaya pada audit dan pendapat yang diberikan. Pihak luar perusahaan mendasarkan keputusannya kepada hasil audit auditor. Sedangkan auditor menarik sebuah kesimpulan berdasarkan pekerjaan audit yang telah dilakukannya. Ini berarti berkualitas atau tidaknya hasil pekerjaan auditor akan mempengaruhi kesimpulan akhir auditor dan secara tidak langsung juga akan mempengaruhi tepat atau tidaknya keputusan yang akan diambil oleh pihak luar perusahaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengeani pengaruh akuntabilitas, pengetahuan, dan profesionalisme terhadap kualitas hasil kerja auditor. Auditor dituntut harus memiliki rasa kebertanggungjawaban (akuntabilitas), pengetahuan yang memadai dan profesionalisme yang dapat mempengaruhi kualitas dari hasil pekerjaannya. Akuntabilitas diartikan sebagai dorongan psikologi sosial yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan kewajibannya yang akan dipertanggungjawabkan kepada lingkungannya. Pengetahuan diartikan dengan tingkat pemahaman yang harus dimiliki auditor terhadap sebuah pekerjaan, secara konseptual atau teoritis. Sedangkan profesionalisme merupakan suatu keahlian dan mempunyai kualifikasi tertentu dan berpengalaman sesuai dengan bidang keahliannya. Metode penelitian yang dipakai dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis denan menggunakan pendekatan survey. Data yang digunakan untuk penelitian survey ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skal ordinal dan metode Likert. Jumlah sampel yang digunakan sebagai data penelitian ini sebanyak 35 berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan kepada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel akuntabilitas, pengetahuan, dan profesionalisme secara parsial berpengaruh terhadap kualitas hasil kerja auditor. Dan karena secara parsial ketiga variabel independen dalam penelitian ini sudah berpengaruh terhadap variabel dependennya, maka tidak perlu dilakukan uji hipotesis secara simultan (uji F). Untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian pada seluruh Kantor Akuntan Publik di Bandung, agar jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian menjadi lebih besar dan mampu mempresentasikan populasi yang digunakan dalam penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8075
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 31.56Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.17Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 111.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 48.68Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 36.20Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 32.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 32.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 256.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 357.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 355.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 520.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 43.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 117.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record