PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA EKONOMI (Survey pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA EKONOMI (Survey pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA EKONOMI (Survey pada perusahaan manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Royanviani, Geygi Putri Samya
Abstract: Sektor industri pengolahan (manufacturing industry) merupakan salah satu diantara sektor-sektor ekonomi yang menjadi andalan dalam perekonomian Indonesia. Namun perusahaan manufaktur ini mengalami beberapa permasalahan, terlihat dari pertumbuhan produksi industri manufaktur yang berfluktuasi. Pengungkapan lingkungan (Environmental Disclosure) di negara-negara berkembang memang masih sangat kurang. Banyak penelitian di area pengungkapan sosial pada umumnya dan environmental disclosure pada khususnya memperlihatkan bahwa pihak perusahaan melaporkan kinerja lingkungan yang masih sangat terbatas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kinerja lingkungan berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan dan apakah pengungkapan lingkungan berpengaruh terhadap kinerja ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 18 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatori, dengan menggunakan data sekunder melalui dokumentasi dan kepustakaan. Indikator variabel kinerja lingkungan menggunakan Proper, pengungkapan lingkungan menggunakan daftar item disclosure dan kinerja ekonomi menggunakan return tahunan industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan mampu menjelaskan variasi pengungkapan lingkungan, Sedangkan Pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja ekonomi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8074
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.07Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 140.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 163.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 192.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 396.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 368.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 372.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 90.36Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 171.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record