PENGARUH PEMAHAMAN PROSEDUR PELAKSANAAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK (Sebuah studi Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Cianjur)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMAHAMAN PROSEDUR PELAKSANAAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK (Sebuah studi Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Cianjur)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMAHAMAN PROSEDUR PELAKSANAAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK (Sebuah studi Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Cianjur)
Author: Mariyati, Devi
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap tingkat kepatuhan pembayaran pajak. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi sebagai variabel independen (variabel X) dan Tingkat kepatuhan pembayaran pajak sebagai variabel dependen (variabel Y). Penelitian ini dilakukan pada wajib pajak perorangan di Wilayah KPP Pratama Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisisnya menggunakan metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah explanatory hypothesis. Penulis menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak perorangan di Wilayah KPP Pratama Cianjur. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang wajib pajak. Kemudian kuesioner diperiksa kevalidan atau kelayakan, serta reliabilitas atau keandalan data sebelum dilanjutkan untuk mengetahui pengaruh Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap tingkat kepatuhan pembayaran pajak. Penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel independen (Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi) dengan variabel dependen (Tingkat kepatuhan pembayaran pajak) dan koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap tingkat kepatuhan pembayaran pajak dan yang selanjutnya hipotesisi diuji dengan uji siginifikansi menggunakan statistik uji t. Dari hasil analisis analisis regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap tingkat kepatuhan pembayaran pajak. Dari hasil uji signifikansi dapat diketahui bahwa nilai t-hitung (10,290) lebih besar dari t-tabel (1,984). Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Nilai korelasi sebesar 0,721. Besanya pengaruh Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap tingkat kepatuhan pembayaran pajak adalah 51,9% serta sisanya sebesar 48,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar Pemahaman Prosedur Pelaksanaan Kewajiban Perpajakan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8071
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 68.79Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 31.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.21Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 34.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.99Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.01Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 30.17Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.75Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 110.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 209.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.69Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.83Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record