PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Unit Internal Auditor PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Unit Internal Auditor PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Unit Internal Auditor PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk)
Author: Wulandari, Yunita Dwi
Abstract: Perkembangan profesi internal auditing dalam era globalisasi saat ini sangat pesat, bahkan Internal Auditor telah diakui keberadaannya sebagai bagian dari organisasi perusahaan (corporate governance) yang dapat membantu manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan, terutama dari aspek pengendalian. Audit Internal membantu organisasi untuk mencapai tujuannya, melalui suatu pendekatan yang sistematis dan teratur untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengelolaan risiko, pengendalian, dan proses governance. Berdasarkan hal tersebut maka audit internal memiliki kewajiban menjaga kualitas audit yang dihasilkan. Adapun kualitas audit, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang sangat penting peranannya dalam menentukan kualitas audit tersebut diantaranya adalah kompetensi dan independensi. Oleh karena itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kompetensi dan independensi secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kualitas audit. (2) Apakah kompetensi dan independensi secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk bagian Audit Internal dengan sampel penelitian yang diambil menggunakan tenik Proportional Simple Random Sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompetensi dan independensi, sedangkan variabel dependennya adalah kualitas audit. Untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis diskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi dan independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel kompetensi dan independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi dan independensi memberikan sumbangan terhadap variabel terikat (Kualitas Audit) sebesar 77,90% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8069
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 29.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.56Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 104.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 202.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 36.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 229.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 377.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 411.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 551.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 122.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 160.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record