PENGARUH AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi kasus pada Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Purwakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi kasus pada Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Purwakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi kasus pada Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Purwakarta)
Author: Apriyadi, Yedi
Abstract: Pelaksanaan kegiatan penerimaan keuangan daerah merupakan salah satu sumber pendapatan bagi daerah, tetapi dalam pelaksanaannya memiliki resiko yang cukup besar terhadap penerimaan keuangan daerah. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu sistem akuntansi yang memadai sehingga akan mempengaruhi penerimaan keuangan daerah, mulai dari dilakukannya pendaftaran, pembukuan dan pelaporan. Akuntabilitas sektor publik diharapkan dapat mempengaruhi pengelolaan keuangan daerah karena penerimaan daerah sebagai sumber pendapatan daerah. Dalam akuntabilitas sektor publik, aspek-aspek yang harus diperhatikan diantaranya adanya pengambilan keputusan dan kebijakan yang tepat. Sehingga akan tercipta suatu pengelolaan keuangan daerah yang diterima oleh masyarakat, berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Pemerintah Kabupaten Purwakarta, yang terletak di Jalan Ganda Negara No. 25 Purwakarta. Masalah yang diteliti mengenai pelaksanaan akuntabilitas sektor publik, pelaksanaan pengelolaan keuangan, dan pengaruh akuntabilitas sektor publik terhadap pengelolaan keuangan daerah. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data untuk kemudian diproses dan dianalisis lebih lanjut serta diambil kesimpulan. Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh Akuntabilitas Sektor Publik terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah adalah sebesar 0,803. Hubungan ini termasuk sangat kuat. Hasil pengujian dengan statistik t didapat nilai thitung(5.724) > ttabel (2.1). Hal tersebut mengindikasikan penolakan Ho yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara akuntabilitas sektor publik terhadap pengelolaan keuangan daerah. Semakin baik akuntabilitas sektor publik, maka akan semakin tinggi pula pengelolaan keuangan daerah. Koefisien Determinasi dari hasil perhitungan didapat sebesar 64.54%. Hal ini memberikan pengertian pengelolaan keuangan daerah dipengaruhi oleh akuntabilitas sektor publik sebesar 64.54%, sedangkan sisanya 35.46% merupakan kontribusi variabel lain selain akuntabilitas sektor publik, dimana dalam hal ini tidak penulis teliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8068
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 214.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 99.81Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 93.36Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 209.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 306.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 351.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 787.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 141.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record